MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA AL-JALAL KABUPATEN SUBANG

NURAPRIANTI RAHMAWATI RAHAYU PUTRI, (2023) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA AL-JALAL KABUPATEN SUBANG. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109106_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109106_2_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109106_6_bab5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109106_7_dafpus.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Nuraprianti Rahmawati Rahayu Putri : Manajemen Pondok Pesantren dalam Membentuk Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Jalal Kabupaten Subang Lembaga pendidikan non formal seperti Pondok Pesantren pun manajemen yang secara fungsional melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan untuk mengawasi jalannya Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan manajemen dan pembentukan kemandirian santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Jalal Kabupaten Subang. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Jalal Kabupaten Subang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah penyajian data, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kegiatan Manajerial di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Jalal Kabupaten Subang dilaksanakan sesuai fungsinya, untuk perencanaan berbentuk perencanaan kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan tahunan. Pengorganisasian berupa pembentukan kepengurusan dan pembagian tugas sesuai divisi yang ada. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sorogan dan bandongan, pengarahan dilakukan oleh pengasuh terhadap para asatidz, pengurus dan santri dalam bentuk pemberian motivasi dan semangat. Pengawasan berupa pengawasan harian dan ta’dziran. Dan pengawasan pembelajaran yang berupa imtihan. (2) Terkait kemandirian santri ditunjukan melalui pengembangan kreativitas dan penerapan keilmuan berupa penanaman keilmuan dalam kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Program kemandirian berupa penerapan keilmuan terhadap masyarakat memimpin marhaban, tahlil, mu’adzin, dan menjadi penceramah di masjid dan majlis ta‟lim terdekat. Kendala dalam pembentukan kemandirian santri adanya rasa malas dan kurangnya semangat, maka diadakannya pemberian nasehat serta semangat, dan melakukan kegiatan untuk menambah kekompakan sesama santri. Kata Kunci: Manajemen, Pondok Pesantren, Kemandirian Santri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:35
Last Modified: 07 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11204

Actions (login required)

View Item View Item