IMPLEMENTASI MANAJEMEN SANTRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BINA INSAN QUR’ANI (BIQ) SUSUKAN CIREBON

RIF’ATUL ULA, (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SANTRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BINA INSAN QUR’ANI (BIQ) SUSUKAN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1608109018_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608109018_2_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608109018_6_bab5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608109018_7_dafpus.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Tercapainya visi, misi, tujuan, dan target sebuah lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal tidak lepas dari rangkaian fungsi manajemen yang diterapkan. Terkhususnya pada bagian manajemen peserta didik, yang dalam lembaga pendidikan non-formal disebut sebagai siswa dan dalam lembaga pendidikan non�formal seperti pondok pesantren disebut santri. Untuk menghasilkan output yang berkualitas maka diperlukan adanya implementasi manajemen siswa/santri yang terarah dan terorganisisr. Namun nampaknya di Pondok Pesantren Tahfidz BIna Insan Qur’ani belum terimplementasi dengan optimal yang dibuktikan dengan beberapa santri yang tidak berhasil mencapai tujuan dan target pondok pesantren. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana implementasi manajemen santri dalam meningkatkan Kualitas Hafalan Qur’an. Metode yang digunakan adalah kualitatif, pengambilan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif berupa deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitiannya menunjukan bahwa 1) Perencanaan santri untuk menentukan daya tamping dan perumusan program serta penerimaan santri dengan pembentukan panitia PPSB dan perumusan peraturan. 2) Pengorganisasian santri dilakukan untuk pengenalan santri baru terhadap lingkungan pondok dan pengelompokkannya.3) Pelaksanaan santri yang mencakup pembinaan dan pengembangan santri, layanan khusus santri, serta pencatatan dan pelaporan santri. 4) Pengawasan santri yang merupakan penilaian atas hasil evaluasi belajar santri yang ditandai dengan kelulusan dan menjadi alumni pondok pesantren. Kata Kunci : Manajemen peserta didik, Santri, Pondok pesantren tahfidz.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:46
Last Modified: 07 Jul 2023 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item