Wildan Asep Prayoga, (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN NON FORMAL UNTUK MELIHAT PERILAKU AL-AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH AL-ISHLAHUL ATHFAL DI KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808109051_1_cover.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
1808109051_2_bab1.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
1808109051_6_bab5.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
1808109051_7_dafpus.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Wildan Asep Prayoga 1808109051 : Manajemen Pendidikan Non Formal Untuk Melihat Perilaku Al-Akhlak Karimah Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Al-Ishlahul Athfal Di Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon Pada saat ini dikarenakan adanya pengaruh globalisasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta canggihnya informasi dan telekomunikasi mengakibatkan dunia ini menjadi semakin sempit. Seperti kita semua ketahui bahwa di era hidup saat ini dunia dipenuhi dengan ketidak jelasan dan kekacauan dalam nilai-nilai akhlaknya. Tujuan peneliti ini adalah untuk Mengungkap bagaimana Manajemen Pendidikan Non Formal (Madrasah Diniyah) untuk Melihat perilaku Akhlak Peserta Didik Madrasah Diniyah Al-Ishlahul Athfal Blok Karang tengah Desa Tegal Karang Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi mendalam, dan studi dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Manajemen pendidikan non formal dalam meningkatkan perilaku akhlak peserta didik di madrasah Diniyah Al islahul Athfal kecamatan Winong Kabupaten Cirebon sudah berjalan dengan sangat baik dalam penyusunan perencanaan kegiatan pengorganisasian kegiatan pelaksanaan, Dengan menggunakan pembinaan pendekatan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala bagi peserta didik di madrasah Diniyah Al ishlahul Athfal dilakukan dengan pendekatan teori dan, proses manajemen pendidikan non formal untuk meningkatkan akhlak bagi peserta didik di madrasah Diniyah Al Islahul Athfal sudah sangat baik ditinjau dari setiap program-program yang ada atau yang dilaksanakan itu terealisasi dan beberapa kegiatan penunjang dalam upaya peningkatan akhlak peserta didik juga telah dilakukan dengan sangat baik. Adapun pencapaian yang dihasilkan dari semua hal yang telah disebutkan di atas itu bisa dirasakan oleh seluruh pihak baik di dalam lingkungan madrasah maupun di luar madrasah. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Non Formal, Akhlakul Karimah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11233 |
Actions (login required)
View Item |