MANAJEMEN PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN CERAMAH SANTRI DI YAYASAN FATAHILAH KOTA CIREBON

CECEP M RAMDAN, (2023) MANAJEMEN PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN CERAMAH SANTRI DI YAYASAN FATAHILAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808109142_1_cover.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109142_2_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109142_6_bab5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109142_7_dafpus.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

ecep M Ramdan Nim :1808109142 Manajemen Pembinaan Pendidkan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Ceramah Santri Di Pondok Pesantren Al-Ghazali Karyamulya Kota Cirebon. Keberhasilan dakwah sangat dipengaruhi oleh seorang mubaligh sebagai subjek dakwah. Mubaligh merupakan seseorang yang sangat berharga bagi umat islam, karena seorang mubaligh adalah seseorang yang meneruskan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah, tanpa adanya seorang mubaligh maka masyarakat tidak akan dapat menerima pesan dakwah untuk dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan. Oleh sebab itu dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas yang memahami dan mendalami agama islam Pondok Pesantren adalah sebagai sarana yang paling efektif untuk mewujudkannya. Disamping itu perubahan zaman yang semakin modern dan canggih telah mempengaruhi muslim dan non-muslim secara signifikan. Perubahan juga mempengaruhi cara berfikir setiap orang. Secara global perubahan zaman juga menjadi tantangan tersendiri dalam dakwah islam, diera saat ini banyak orang sudah enggan untuk menghadiri pengajian-pengajian konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut, kemudian memunculkan permasalahan penelitian yaitu, “Bagaimana Manajemen Pembinaan Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Ceramah Santri di Pondok Pesantren Al-Ghazali Karyamulya Kota Cirebon”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, penelitian bermaksud memaparkan gambaran dan data mendalam dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi mendalam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa serangkaian proses manajemen pendidikan ceramah yaitu petama ,perencanaan meliputi: identifikasi kebutuhan peserta didik, menentukan tujuan pendidikan, menyiapkan materi pendidikan, dan menyusun jadwal waktu pelaksanaan pendidikan, kedua pelaksanaan, metode pendidikan yang digunakan adalah dengan metode ceramah dan diakhiri dengan diskusi, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan ceramah, pengorganisasian meliputi : ketua pengurus, divisi minat bakat, dan pendidik, pengawasan meliputi: standard pelaksanaan, kedisiplinan waktu pelaksanaan, keaktifan saat pendidikan berlangsung, adanya perkembangan pengetahuan dan keterampilan dari sebelumnya, serangkaian proses manajemen pendidikan ceramah ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta memenuhi kebutuhan dari para santri sehingga manajemen pendidikan ceramah berjalan dengan efektif. Kata Kunci : Manajemen Pembinaan, Pendidikan Ceramah Santri

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:48
Last Modified: 07 Jul 2023 07:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item