UPAYA PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN IKMALY GEDONGAN CIREBON JAWA BARAT

TEDDY PRIYADI, (2023) UPAYA PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN IKMALY GEDONGAN CIREBON JAWA BARAT. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109118_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109118_2_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109118_6_bab5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109118_7_dafpus.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Teddy Priyadi 1908109118 : Skripsi ini dilatar belakangi oleh Permasalahaan santri di Pondok Pesantren Ikmaly Gedongan yang kurang disiplin dalam Belajar,seperti Membolos pada jam belajar tertentu, terlambat masuk kelas, tidak peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan pencurian barang santri lain saat lengah, malas belajar dan lain lain terlihat bahwa ustadz kurang memperhatikan masalah kedisiplinan terhadap santrinya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: ustadz, data skunder yaitu: santri. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sebagian ustadz yang sangat peduli dengan masalah kedisiplinan santri karena pesantren yang maju dan berkembang itu adalah pesantren yang menerapkan kedisiplinan tinggi, begitupun dalam proses pembelajaran jika dalam proses pembelajaran santri mempunyai rasa disiplin dengan tidak tertidur dan tidak membuat keributan maka semuanya akan efektif. Dan juga ada sebagian ustadz tidak terlalu memperhatikan dan menerapkan atau biasa saja menanggapi hal tersebut.Upaya penerapan Disiplin belajar di Pondok Pesantren Ikmaly Gedongan cirebon yaitu, 1) kurangnya waktu ustadz untuk mengontrol santri keliling setiap kelas, 2) dari santri itu sendiri, dia melakukan dengan secara hati-hati, dan di tempat yang tidak mungkin untuk ustadz mengetahuinya. Upaya implementasi disiplin belajar di Pondok Pesantren ikmaly Gedongan, yaitu: 1) dengan cara mendata santri yang melanggar peraturan pesantren, 2) melakukan pendekatan persuasif kepada santri, 3) selalu memberi bimbingan dan motivasi kepada para santri dengan cara terus�menerus agar dengan pengharapan sesuai dengan tujuan pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya (berakhlakul karimah), 4) dengan cara memberi hukuman bagi santri yang melanggar tata tertib pesantren, sesuai dengan berat- ringannya pelanggaran yang telah dilakukan santri tersebut. Kata Kunci: Penerapan, disiplin belajar Santri, Karakter

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:51
Last Modified: 07 Jul 2023 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item