PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PERMULAAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA MANSYAUL ABROR DESA TEGALGUBUG KABUPATEN CIREBON

ABDUL BASIT, (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PERMULAAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA MANSYAUL ABROR DESA TEGALGUBUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1708108028_2_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708108028_3_bab2.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708108028_5_bab4.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708108028_7_dafpus.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

ABDUL BASIT. 1708108028. “Pengembangan Modul Matematika Permulaan Berbasis Permainan Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Di RA Mansyaul Abror Desa Tegalgubug Kecamatan Arjawinangung Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan di RA mansyaul abror masih bersifat konvensional khusunya pembelajaran matematika. Pada saat pembelajaran matematika, metode yang digunakan hanya guru menjelaskan dan anak mengerjakan tugas yang sudah tersedia dibuku/majalah. Sehingga anak dirasa kurang menikmati seuatu pembelajaran. Metode pembelajaran yang tepat akan meningkatkan minat belajar anak terhadap suatu pembelajaran, sehingga anak bisa menikmati proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode reseach and development (R&D) melalui 4 tahapan, yaitu : 1. Define, 2. Design, 3. Develop, 4. Dessiminat. Penelitian dilakukan di ra mansyaul abror desa tegalgubug kecamatan arjawinangun kabupaten cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran, penggunaan modul matematika permulaan berbasis permainan, dan tingkat minat belajar anak terhadap pembelajaran. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan guru terhadap metode pembelajaran khusunya pembelajaran matematika untuk anak usia dini. Angket digunakan untuk proses validasi media, materi, dan kelayakan untuk dipergunakan di sekolah. Analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan hitungan presentase. Hasil penelitian menentukan tingkat minat belajar anak khususnya pada pembelajaran matematika di kelas B ra mansyaul abror desa tegalgubug kecamatan arjawinangung kabupaten cirebon mengalami peningkatan setelah ujicoba modul matematika permulaan berbasis permainan menjadi 88,87% dengan kategori baik. Pengembangan modul matematika permulaan berbasis permainan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar anak kelas B terhadap pembelajaran matematika berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 96,1%, ahli materi I sebesar 100%, ahli materi II sebesar 97,1%, dan penilaian guru sebesar 88,4%. Kata Kunci : Modul Matematika Permulaan Berbasis Permainan, Minat Belajar Anak, Metode Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:10
Last Modified: 26 Nov 2023 13:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item