IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN PAPAN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL MANAR KOTA CIREBON

NINDY AULIA, (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN PAPAN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL MANAR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808108056_2_bab1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108056_3_bab2.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108056_6_bab5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108056_7_dafpus.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Nindy Aulia, NIM 1808108056, Implementasi Media Permainan Papan Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Al Manar Kota Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kognitif anak di RA Al Manar Kota Cirebon lambat akibat kurangnya anak dalam mengetahaui bentuk geometri yang seharusnya anak-anak sudah mengetahui bentuk geometri. Pembelajaran ini sangat penting untuk anak-anak yang masa pertumbuhan dan perkmbangan yang masih awal ini harus diasah degan baik agar kedepannya perkembangan kognitif anak mampu berkembang dan berumbuh sesuai dengan umurnya dan dapat membantu anak lebih cerdas. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengidentifikasi kemampuan mengenal bentuk geometri di RA Al Manar, 2). Mengetahui implementasi media permainan papan saku geometri dalam pembelajaran dikelas, 3). Mengidentifikasi apakah media permainan papan saku geometri dapat membantu anak dalam perkembangan kognitif mengenal bentuk geometri di RA Al Manar. Tempat penelitian dilakukan di RA Al Manar kota cirebon yang beralamat di Jl. Lapangan udara, Penggung Selatan. Dan penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Febuari sampai dengan 31 Maret 2022 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan observasi langsung ke lapangan yaitu RA Al Manar Kota Cirebon dan menggunakan teknik pengumpulan data digunakan peneliti yaitu observasi lapangan, wawncara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah diteliti oleh peneliti ialah implementasi media permainan papan saku geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Anak-anak mampu mengenal bentuk geometri dengan menggunakan media permainan papan saku geometri sangat berpengaruh terhadap anak yang semulanya masih belum mengenal dang permainan papan saku geometri anak bisa mengenala bentuk-bentuk geometri dan perkembangan kognitifnya sesuai dengan harapan yang sangat dengan masa pertumbuhan anak usia dini yaitu golden age. Kata kunci : implementasi, media, kognitif, anak usia dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:15
Last Modified: 10 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item