POLA ASUH DALAM MAMBENTUK KEDISPLINAN ANAK USIA DINI PAUD AL - FATAH KOTA CIREBON

FAIRUZ ZAHRA, (2021) POLA ASUH DALAM MAMBENTUK KEDISPLINAN ANAK USIA DINI PAUD AL - FATAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1414181005_2_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1414181005_3_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1414181005_6_bab5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1414181005_7_dafpus.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Fairuz Zahra (1414181005): Pola Asuh dalam membentuk kedisiplinan Anak Usia Dini PAUD AL - Fatah Kota Cirebon. Pendidikan Anak Usia Dini menjadi bagian penting di seluruh pelosok dengan terciptanya lembaga RA, TK maupun PAUD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, dalam mendisiplinkan warga sekolahnya Paud Al-Fatah membuat tata tertib yang berlaku kepada guru, murid serta orangtua, dalam tata tertib yang dibuat oleh Paud Al-Fatah terbagi menjadi menjadi 4point di setiap peraturannya, yaitu mengenai kehadiran, disiplin kelas, tata tertib pakaian seragam serta etika kesopanan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai Pola asuh dalam membentuk kedisiplinan Anak usia dini dalam pembelajaran di PAUD Al-Fatah Kota Cirebon. Menurut Gunarsa dalam A. Utomo Budi (2005:11) pola asuh orang tua tidak lain merupakan metode atau cara yang dipilih orang dalam mendidik anak-anaknya, merupakan cara bagaimana orang tua memperlakukan anak-anak mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus mengenai Pola asuh dalam membentuk kedisiplinan Anak usia dini dalam pembelajaran di PAUD Al-Fatah Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah ketua yayasan, kepala sekolah dan guru kelas A dan Kelas B. Sumber data sekundernya adalah referensi dari berbagai buku terkait strategi edutainment. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pola asuh dalam membentuk kedisiplinan Anak usia dini dalam pembelajaran di PAUD Al-Fatah Kota Cirebon dilakukan dengan baik dari mulai perencanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan istirahat, kegiatan penutup, dan evaluasi. Pada kegiatan inti dengan berbagai metode menyenangkan seperti metode bermain, metode bercerita, metode bermain peran, Kelebihan Pola Asuh Dalam membentuk kedisiplinan pada Anak Usia Dini ialah pola pertemuan antara orang tua sebagai pendidik dan anak sebagai terdidik dengan maksud bahwa orangtua mengarahkan anaknya sesuai dengan tujuan yaitu membantu anak memiliki dan mengembangkan dasar�dasar perilaku moral. Orangtua dan anak sebagai pribadi dan pendidik dapat mengelola bentuk pola asuhnya dalam menanamkan perilaku moral dan mengembangkan segala aspek pada anak sesuai dengan tempat, situasi dan kondisi yang bersangkutan. Kata Kunci : Pola Asuh, Kedisiplinan dan Anak Usia Dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:24
Last Modified: 10 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item