PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 KOTA

AFIKA NADHIATUL HUDA, (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 KOTA. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101114_2_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101114_3_bab2.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101114_6_bab5.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101114_7_dafpus.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

AFIKA NADHIATUL HUDA NIM. 1808101114 PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON Di SMP Negeri 8 Kota Cirebon, masih sering dijumpai adanya permasalahan yang berkaitan dengan metode pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selama ini dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa sangat pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII C di SMP Negeri 8 Kota Cirebon, untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas VII C dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Kota Cirebon, untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII C dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Adapun Mind Mapping dalam penelitian ini adalah sebagai metode belajar. Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah-langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan hasil belajar dapat dikatakan sebagai perubahan yang terjadi dalam individu akibat dari usaha yang dilakukan atau interaksi individu dengan lingkungannya. Metode penelitian yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 27 siswa yang dijadikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa data penggunaan metode Mind Mapping pengaruhnya terhadap hasil belajar dapat menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan adanya pengaruh yang positif antara penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII C dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai-nilai “r” product moment dapat diketahui pada taraf signifikansi 5% harga “r” adalah 0,396 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,505. Sedangkan diperoleh rhitung 0,710 lebih besar dari rtabel. Kata Kunci: Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping, Metode Belajar, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:26
Last Modified: 10 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item