PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMK INFORMATIKA AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

SUSI UMU SALAMAH, (2022) PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMK INFORMATIKA AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101091_2_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101091_3_bab2.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101091_6_bab5.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101091_7_dafpus.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

SUSI UMU SALAMAH : NIM. 1808101091 Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMK Informatika Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon Latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa sebagai seorang muslim, kita diperintahkan untuk membaca Al-Qur‟an yang baik dan benar, tartil sesuai makharijul huruf serta berdasarkan kaidah ilmu tajwid. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat khususnya dalam dunia pendidik siswa dan bahkan guru yang masih belum dapat mengimplementasikan bacaan Al�Qur‟an sesuai kaidah tajwid. Padahal membaca Al-Qur‟an diperlukan kehati�hatian untuk menjaga makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang implementasi metode Qiroati, kemampuan membaca Al-Quran siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran metode Qiroati di SMK Informatika Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Metode Qiroati adalah salah satu metode membaca Al-Qur‟an yang praktis dan langsung menerapkam ilmu tajwid, makhorijul huruf, serta membacanya tanpa dieja. KH Dachlan Salim Zarkasyi menciptakan Qiroati untuk melestarikan dan memperindah bacaan Al-Qur‟an dengan menerapkan kaidah tajwid tanpa dieja agar bacaan Al-Qur‟an lebih tartil dan berkualitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi (pengamatan), teknin interview (wawancara), dan teknik dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiroati di SMK Informatika Al-Irsyad Al�Islamiyyah Kota Cirebon berlangsung baik, dan tertata rapi serta sistematis. Karena penerapannya mengikuti ketentuan dari lembaga Qiroati pusat yakni koordinator Daerah. Tahapan pembelajarannya meliputi tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran, dan tahap evaluasi pembelajaran yang diakhiri dengan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Qiroati (EBTAQ) bagi siswa yang lulus akan mendapatkan ijazah langsung dari lembaga Qiroati pusat dan berhak mengikuti Khotmil Qur‟an. Hal tersebut menjadikan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMK Al-Irsyad mengalami peningkatan seuai dengan kaidah tajwid dan tartil dalam membacanya. Keberhasilan implementasi Qiroati di SMK Al-Irsyad tidak lepas dari faktor pendukung meliputi guru Qiroati yang bersyahadah dan kompeten, sarana prasarana yang memadai, dukungan orang tua siswa, dan motivasi siswa. Sedangkan faktor yang menghambat yakni dari faktor bawaan siswa yang cadel, sehingga guru Qirpati harus lebih ekstra lagi dalam mengajar. Kata Kunci : Metode Qiroati, Membaca Al-Qur’an, SMK Informatika Al�Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:59
Last Modified: 13 Nov 2023 06:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11303

Actions (login required)

View Item View Item