PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MATERI HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH DAN ISTIQOMAH TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS VII DI SMP N 1 GUNUNG JATI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

SRI WATI, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MATERI HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH DAN ISTIQOMAH TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS VII DI SMP N 1 GUNUNG JATI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101261_2_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101261_3_bab2.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101261_6_bab5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101261_7_dafpus.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMP N 1 Gunung Jati, ditemukan bahwa peserta didik yang telah mempelajari materi pendidikan agama Islam seharusnya mampu membentuk karakter yang baik. Namun notabennya tidak sedikit yang mengimplementasikan nilai-nilai karakter tersebut. Misalnya masih ada siswa yang mencontek saat mengikuti ujian, menyepelekan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, serta tidak menjalakan sholat lima waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah, mengetahui seberapa baik pengimplementasian karakter siswa kelas VII dan mengetahui pengaruh antara pembelajaran PAI pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah terhadap pengembangan karakter siswa kelas VII di SMP N 1 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Pembelajaran pendidikan agama Islam ialah pembelajaran yang menekankan pada bagaimana mengimplementasikan atau mengamalkan ilmu�ilmu dari proses belajar dalam kehidupan sehari-hari sesuai ajaran islam. Sedangkan karakter ialah suatu sikap yang melekat pada diri seseorang yang kemudian di pancarkan dalam perbuatan atau tingkah laku baik dalam kehidupan sendiri ataupun kehidupan bermasyarakat (sosial). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan ialah cluster random sampling dengan populasi sebesar 300 siswa maka total sampel ialah 60 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket (kuesioner), observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran PAI pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah yang diajarkan pada siswa kelas VII di SMP N 1 Gunung Jati ternyata cukup baik, terbukti dengan hasil perhitungan kuesioner pada variabel X sebesar 86,7%. Dalam pengimplementasian karakter siswa kelas VII di SMP N 1 Gunung Jati cukup diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan data hasil kuesioner sebesar 95%, adapun pengujian hipotesis pengaruh pembelajaran PAI pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah terhadap pengembangan karakter siswa di SMP N 1 Gunung Jati ternyata memilki pengaruh atau hubungan yang cukup baik (sedang) dengan nilai hubungan 0,488 dan pengaruh sebesar 23,8% dimana 76,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata kunci: Pembelajaran PAI, Materi, Pengembangan Karakter.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:34
Last Modified: 13 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item View Item