OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA MTsN 11 CIREBON

USWATUN HASANAH, (2023) OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA MTsN 11 CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101092_2_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101092_3_bab2.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101092_6_bab5.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101092_7_dafpus.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

USWATUN HASANAH : OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI 11 CIREBON Peran guru dalam menjalankan tugas di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orangtua ke dua dan mampu menarik simpati para siswa sehingga pelajaran apapun yang diberikan hendaknya dapat menjadi motivasi bagi siswanya dalam mengajar. guru umumnya merujuk pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengoptimalkan pembinaan karakter siswa MTsN 11 Cirebon, bagaimana karakter siswa di MTsN 11 Cirebon, dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembinaan karakter siswa MTsN 11 Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru, karakter siswa, peran guru terhadap pembinaan karakter siswa, faktor pendukung dan penghambat terhadap pembinaan karakter siswa MTs Negeri 11 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di MTs Negeri 11 Cirebon. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang berhasil dikumpulkan, dideskripsikan dan diinterpretasikan dalam bentuk kata-kata Karakter guru di MTsN 11 Cirebon mengindikasikan karakter yang dapat dijadikan suri tauladan bagi peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah optimal dalam memerankan perannya dalam pembinaan karakter siswa yaitu menjadi role model yang baik. Selain itu guru juga sudah melaksanakan fungsinya sebagai pendidik, pembimbing, pemimpin, motivator dan teladan bagi para siswanya. Ada beberapa faktor pendukung dalam pembinaan karakter diantaranya adalah dukungan dan motivasi dari kepala sekolah, dan terjalinnya kerjasama antara guru dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan dan media massa. Kata Kunci : Pembinaan, Guru, Karakter

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:01
Last Modified: 10 Jul 2023 08:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item