Faris Fatih Firdaus, (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SMAN 1 BABAKAN DI MASA PANDEMI COVID. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808101223_2_bab1.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
1808101223_3_bab2.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
1808101223_6_bab5.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
1808101223_7_dafpus.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
FARIS FATIH FIRDAUS: NIM. 1808101223 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SMAN 1 BABAKAN Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pembelajaran PAI kelas XI di SMAN 1 Babakan pada masa pandemi. 2. Untuk mengetahui pemanfaatan whatsapp dalam pelajaran PAI dikelas XI di SMAN 1 Babakan pada masa pandemi. 3. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan WhatsApp pada siswa kelas XI SMAN 1 Babakan pada masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon pada bulan September – November 2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan mengenai efektivitas penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMAN 1 Babakan Kabupan Cirebon dalam jaringan masa pandemi Covid-19. Berdasarkan observasi yang telah peneliti amati di sekolah SMAN 1 Babakan, peneliti menemukan adanya kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi whatsupp pada saat pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut : 1. Metode Observasi, 2. Metode Wawancara dan 3. Metode dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis data sebagai berikut : 1. Reduksi data, 2. Penyajian data dan 3. Verifikasi data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Pembelajaran PAI pada masa pandemi dijalankan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat, guru menyiapkan absensi dan juga menyiapkan beberapa materi pembelajaran dengan membuat Whatsapp group dan membuat video. 2. Pemanfaatan media pembelajaran PAI diperlukan persiapan dari berbagai aspek yang mendukung, fitur yang sering digunakan fitur foto, video, dokumen, Group WhatsApp, dan call (telpon) secara langsung. Bisa dikatakan kurang efektif, karena selain kurangnya pencapaian tujuan pembelajaran juga tidak ada pembelajaran yang lebih efektif selain pembelajaran tatap muka, ditambah lagi dengan kurang stabilnya koneksi internet dalam proses pengamplikasian media WhatsApp. 3. Kendala pembelajaran PAI menggunakan aplikasi Whatsapp dari guru diantaranya kurang interaksi, peserta didik kurang terkontrol, dan gangguan sinyal. Selain itu kendala dari siswa diantaranya kurangnya motivasi peserta didik, kurangnya interaksi, gangguan sinyal, tidak memiliki kouta, fasilitas pendukung pembelajaran online yang terbatas dan siswa kurang memahami materi yang diberikan Kata kunci : Efektivitas, WhatsApp, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11325 |
Actions (login required)
View Item |