ARIF ANGGARA, (2023) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEAGAMAAN SISWA KELAS 8 (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.
|
Text
1908101099_2_bab1.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
1908101099_3_bab2.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
1908101099_6_bab5.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
1908101099_7_dafpus.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
ARIF ANGGARA, NIM: 1908101099 “PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEAGAMAAN SISWA KELAS 8 (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG” Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam meningkatkan Literasi Keagamaan di SMP Negeri 1 Dukupuntang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran budaya literasi keagamaan di SMP Negeri 1 Dukupuntang; untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak perpustakaan dalam mendukung pengembangan budaya literasi keagamaan di SMP Negeri 1 Dukupuntang; untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dihadapi dalam mengembangkan budaya literasi keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 1 Dukupuntang, untuk mengetahui literasi keagamaan siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Dukupuntang, untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap literasi keagamaan siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Dukupuntang. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung dalam sekolah, dikelola secara keseluruhan oleh sekolah, dan tujuan utamanya adalah membantu sekolah mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan. literasi agama merupakan kemampuan untuk mengetauhi dan mencari tau titik temu antara agama dan kehidupankehidupan lainya, seperti kehidupan politik, sosial dan budaya dari banyak sudut pandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut: 1) Angket, 2) Observasi, 3) Wawancara, dan 4) Dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, hasil data. Hasil analisis korelasi antara variabel pengaruh perpustakaan sekolah dengan literasi keagamaan menunjukan korelasi positif sebesar 0,566 dengan taraf signifikansi sebesar 5 %. Artinya besaran koefisien korelasi tersebut menurut Sugiono berada pada taraf sedang yakni 0,41/0,60. Dengan hasil korelasi positif ini dapat dinyatakan bahwa semakin besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan yang guru berikan maka akan semakin bagus pula literasi agama yang diperoleh oleh siswa/i. Kata Kunci: Perpustakaan, Literasi Keagamaan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11328 |
Actions (login required)
View Item |