PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA NU PUTRA BUNTET PESANTREN KABUPATEN CIREBON

KHOFIFAH, (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA NU PUTRA BUNTET PESANTREN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101231_2_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101231_3_bab2.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101231_5_bab4.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101231_7_dafpus.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

KHOFIFAH NIM. 1908101231 Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI di MA NU Putra Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran akan menjadi kendala dalam mencapai hasil belajar siswa. Pada penelitian awal yang dilakukan peneliti pembelajaran di kelas sebelumnya sudah menggunakan metode pembelajaran konvensional, namun upaya tersebut kurang maksimal yang ditunjukkan dengan suasana belajar yang membosankan sehingga berpengaruh pada hasil belajar mata pelajaran SKI siswa. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran role playing (bermain peran) siswa kelas X IPA 1 mata pelajaran SKI di MA NU Putra Buntet Pesantren Cirebon, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPA mata pelajaran SKI di MA NU Putra Buntet Pesantren Cirebon, dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing (bermain peran) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA mata pelajaran SKI di MA NU Putra Buntet Pesantren Cirebon. Metode pembelajaran role playing adalah metode pembelajaran di mana siswa langsung memerankan suatu masalah yang memfokuskan pada masalah�masalah tentang hubungan manusia. Adapun hasil belajar merupakan perolehan penguasaan kemampuan yang dapat diukur melalaui tes setelah menjalani proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental dengan desain Post test only control dimana terdapat dua kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas X IPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperiman dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam menentukan sampel pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Non probability sampling dengan semua anggota populasi dijadikan sampel (sampel jenuh). Adapun instrumen pada penelitan ini menggunakan angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Kemudian analisis data peneliti mengguanakan uji independent sample t-test dan uji perhitungan besar pengaruh (Effect Size). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran role playing pada penelitian ini diperoleh hasil persentase angket sebesar 85,5 % dengan kategori Sangat Baik. Hasil belajar pada penelitian ini memperoleh nilai rata-rata siswa dari kelas eksperimen 74,05 dan kelas kontrol 57,8, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode role playing menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Adapun dalam perhitungan hipotesis menggunakan uji independent sample t test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 berarti 0,00 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa. Kemudian dihasilkan nilai dari perhitungan besar pengaruh (effect size) d = 1,247, sehingga interpretasi cohen`s menyatakan bahwa penelitian ini dikategorikan tinggi dengan presentase 88%. Maka pada penelitian ini hasil belajar siswa 88% dipengaruhi oleh metode pembelajaran role playing dan 12% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:39
Last Modified: 10 Jul 2023 08:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11332

Actions (login required)

View Item View Item