HUMANISME RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. H. ABDURRAHMAN MAS’UD, M.A., PH. D

DEDEHVIA LIVIANA, (2023) HUMANISME RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. H. ABDURRAHMAN MAS’UD, M.A., PH. D. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101174_2_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101174_3_bab2.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101174_6_bab5.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101174_7_dafpus.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Dedehvia Liviana NIM: 1908101174 Humanisme Religius dalam Pendidikan Islam Perspektif Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph. D Pendidikan Islam adalah pendidikan menyeluruh, penuh keseimbangan materi dan spiritual untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Pendidikan Islam dewasa ini cenderung mementingkan 'ulumuddunya' atau 'ulumuddin' saja. Namun secara realitas sering kali tujuan pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya, terbukti dalam proses pendidikan masih diwarnai adanya kekerasan terhadap peserta didik, mengesampingkan potensi peserta didik, serta pendidikan islam terkonsentrasi pada urusan keakhiratan saja serta sistem pendidikan yang belum mendekati fitrahnya. Penelitian inil bertujuan untukl mendeskripsikan konsepl humanisme religiusl dalam pendidikanl Islam serta implikasi tentang humanismel religius dalaml pendidikan islaml berdasarkan pemikiran Abdurrahmanl Mas’ud. Penelitian inil menjawab bagaimanal humanisme religius dalam pendidikanl Islam perspektifl Prof. lH. Abdurrahmanl Mas’ud, lPh. lD. Serta menjawab bagaimanal implikasi tentang humanismel religius dalaml pendidikan Islaml terhadap pendidikan di Indonesia perspektif Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph. D. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya. Datal dalam penelitianl ini dikumpulkanl dengan menggunakanl metode ldokumentasi. Adapunl metode analisisnyal adalah metodel analisis isil (contentl analysis) untukl menemukan kesimpulanl penelitian. Penelitianl Ini menggunakanl pendekatan filosofisl untuk mengkajil ide-idel dasar sertal Pemikiran-pemikiranl yang lfundamental. Hasil dari penelitian ini 1) Abdurrahman Mas'ud menawarkan humanisme religius dalam Paradigma pendidikan Islam. Kunci dari humanisme religius yakni konsep Pendidikan yang memanusiakan manusia, juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki, baik kemampuan intelektual ataupun religius tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang mendasarinya. 2) Abdurrahmanl Mas’ud berpandangan agar Humanismel Religius dalaml Pendidikan Islaml ini terwujud, makal lembaga Pendidikanl Islam sudah seharusnya tidak hanyal mengajarkan ilmul agama sajal tetapi jugal harus mengajarkanl ilmu umuml dengan tidak memisahkan dan membedakan kedua ilmu tersebut. Kedua ilmu tersebutl saling berkaitanl dan saling mendukungl demi membentuk sikapl siswa yangl humanis daalm menghadapi masalah global. Kata Kunci: Humanisme Religius, Pendidikan Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:43
Last Modified: 10 Jul 2023 08:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11333

Actions (login required)

View Item View Item