MIFTAHUL JANNAH, (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808101127_1_cover.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
1808101127_2_bab1.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
1808101127_6_bab5.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
1808101127_7_dafpus.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
MIFTAHUL JANNAH NIM. 1808101127 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON Manusia diciptakan oleh Allah SWT. dengan dibekali oleh akal untuk berpikir. Akal ini digunakan untuk berpikir bahwa sebagai makhluk sosial dalam menjalankan kehidupannya pasti memerlukan bantuan orang lain. Semandiri apapun manusia pasti ada dimana saatnya ia memerlukan uluran tangan orang lain dan harus dapat saling menghargai satu sama lain demi menciptakan interaksi sosial yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membina Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon baik bagaimana respon yang diberikan oleh siswa, serta apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Pendidikan multikultural merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipahami, dilaksanakan dan diamalkan karena dengan ini manusia dapat menerima adanya perbedaan dengan tanpa mempermasalahkannya sehingga dapat menghargai satu sama lainnya. Latar belakang itulah yang menjadi awal mula pendidikan multikultural ini tidak hanya diikutsertakan dalam setiap mata pelajaran yang ada, namun juga diterapkan melalui program yang diadakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon ini yaitu pada program Mapag Surya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana suatu cara untuk mengetahui kondisi di lapangan dengan cara mendeskripsikannya secara rinci dan mendalam. Dalam mencapai hasil tentulah melalui beberapa proses seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh akan direduksi, display data, selanjutnya pengambilan kesimpulan dan verifikasi data apakah telah tepat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Permasalahan yang ada di lapangan penelitian yaitu belum maksimalnya penerapan pendidikan multikultural di antara siswa sehingga masih terjadi kesalahpahaman yang menimbulkan ketidak rukunan di lingkungan sekolah. Dengan adanya upaya penerapan pendidikan multikultural pada siswa secara maksimal diharapkan dapat terwujudnya interaksi sosial dengan baik dan rukun. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, memperlihatkan bahwa adanya efek yang cukup drastis antara implementasi pendidikan multikultural dengan pembinaan interaksi sosial pada siswa. Maka dengan demikian, implementasi pendidikan multikultural khususnya dalam membina interaksi sosial dapat diterapkan dengan baik dalam pemahaman dan menanamkan dalam diri masing-masing siswa sehingga terciptanya lingkungan yang positif. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural, dan Interaksi Sosial
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:22 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11345 |
Actions (login required)
View Item |