PENANAMAN NILAI KESETARAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP HORMAT SISWA PADA GURU MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON

NUR RIZKY AWWALIYYAH, (2023) PENANAMAN NILAI KESETARAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP HORMAT SISWA PADA GURU MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101037_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101037_2_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101037_6_bab5.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101037_7_dafpus.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Nur Rizky Awwaliyyah : Penanaman Nilai Kesetaraan Dalam NIM 1908101037 Membentuk Sikap Hormat Siswa Pada Guru Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Cirebon Keragaman agama, suku dan bahasa yang ada dilingkungan SMK Negeri 2 Kota Cirebon menjadi suatu hal menarik. Hal ini menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam seharusnya telah terbentuk sikap hormat yang baik. Tetapi siswa belum mencerminkan sikap hormat yang indikatornya bisa ditemui dalam bentuk misalnya ketika siswa bertemu guru mereka bertegur sapa, bersalaman kepada guru dan semua warga di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai kesetaraan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Cirebon, respon siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Cirebon, dan faktor yang menyebabkan siswa kurang menghormati guru di SMK Negeri 2 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian field research yaitu penelitian dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian (terlibat langsung di lapangan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu yang difokuskan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Sumber data primer pada penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Wawancara dengan kepala SMK Negeri 2 Kota Cirebon, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, guru PAI, guru agama Kristen, guru matematika dan beberapa siswa. Teknik analisis penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini didapatkan bahwa penanaman nilai kesetaraan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan pendataan siswa, pada saat pembelajaran guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan pilihan kepada siswa yang beragama non Islam apakah ingin tetap di kelas atau di luar kelas, dan pada saat pembelajaran menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariatif seperti sharing, diskusi, pemberian arahan dan motivasi kepada siswa. Respon siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mendapatkan respon positif, siswa tidak merasa jenuh dan bosan, tetapi membuat siswa menjadi tertarik. Faktor penyebab siswa kurang menghormati guru dikarenakan faktor lingkungan, pengaruh gawai, pergaulan dan akibat dari pandemi Covid-19. Faktor yang paling mempengaruhi adalah dari faktor lingkungan. Kata Kunci : Penanaman, Nilai Kesetaraan, Sikap Hormat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:26
Last Modified: 11 Jul 2023 02:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item