ZIRLI DURROTUN NASIHA, (2023) RELEVANSI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK GENERASI MILENIAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII SMPN 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808101274_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808101274_2_bab1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
1808101274_6_bab5.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
1808101274_7_dafpus.pdf Download (460kB) | Preview |
Abstract
irli Durrotun Nasiha: RELEVANSI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK GENERASI MILENIAL PADA MATA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII SMPN 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON NIM. 1808101274 Tidak fokusnya siswa terhadap penyampaian materi dari guru seperti peserta didik hanya mendengarkan apa yang disampaikan ketika guru sedang menerangkan, peserta didik asik mengobrol sendiri atau asik bergurau dengan temannya dan sering kali siswa tidak mencatat apa yang seharusnya peserta didik catat. Hal seperti inilah yang nantinya mengambat hasil dan tujuan belajar yang ingin dicapainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan hubungan antara metode pembelajaran demonstrasi dengan gaya belajar pada siswa SMPN 1 Gempol Kabupaten Cirebon Metode demonstrasi adalah metode yang mengutamakan peragaan atau mempertunjukkan suatu proses atau kejadian kepada peserta didik sesuai materi yang sedang pendidik ajarkan. Sedangkan Gaya belajar peserta didik adalah suatu kombinasi dari ciri khas peserta didik dalam menyerap materi atau suatu cara individu untuk mempelajari dan menguasai suatu materi pelajaran guna mencapai prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantatif. Adapun teknik-tekniknya antara lain : 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Angket; 4) Dokumentasi. Berdasarkan perhitungan diatas, diperoleh nilai koefisien rxy= 0,416 jika diperhatikan, maka angka indeks korelasi tersebut menunjukkan angka positif, terletak pada interval 0,40 - 0,70, berdasarkan kriteria tersebut termasuk ke dalam kategori korelasi yang sedang atau cukup tinggi. Adapun besaran pengaruh (variabel X) dan (variabel Y) adalah sebesar 17,30 %, dan sisanya sebesar 82,70 % lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap oleh penelitian ini. Sedangkan signifikan pengaruh X terhadap Y adalah t hitung = 2,46 > t tabel = 1,697, maka hipotesis Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Relevansi Antara Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi dengan Gaya Belajar Peserta Didik Generasi Milenial pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 1 Gempol kabupaten Cirebon Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Gaya Belajar, Generasi Milenial
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11351 |
Actions (login required)
View Item |