PERAN KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDHATUL ULAMA (IPNU) DALAM MENINGKATAN KEAGAMAAN REMAJA DI DESA KEDONDONG KABUPATEN CIREBON (Studi Kasus IPNU-IPPNU Ranting Desa Kedonggong Kabupaten Cirebon)

AYU FARAH DILAH, (2022) PERAN KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDHATUL ULAMA (IPNU) DALAM MENINGKATAN KEAGAMAAN REMAJA DI DESA KEDONDONG KABUPATEN CIREBON (Studi Kasus IPNU-IPPNU Ranting Desa Kedonggong Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101018_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101018_2_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101018_6_bab5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101018_7_dafpus.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Ayu Farah Dilah, NIM: 1808101018 “PERAN KEGIATAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DALAM MENINGKATAN KEAGAMAAN REMAJA DI DESA KEDONDONG KABUPATEN CIREBON (Studi Kasus IPNU-IPPNU Ranting Desa Kedonggong Kabupaten Cirebon)”. Kenyataan modernisasi merambah hampir ke seluruh bidang keilmuan termasuk nilai agama yang seharusnya tercermin dan terimplementasikan perilaku yang baik, namun semakin hilangnya nilai-nilai pada aktifitas yang dilakukan, baik nilai aqidah, nilai moral, nilai ibadah, nilai akhlak, maupun etika manusia yang berakibat pada kerusakan bangsa. Belakangan ini, banyak keluhan berkenaan dengan ulah perilaku kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan peran dari organisasi IPNU-IPPNU; 2) Untuk menemukan bentuk kegiatan organisasi IPNU�IPPNU; 3)Untuk menganalisis perkembangan para remaja setelah mengikuti penanaman nilai keagamaan. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) adalah wadah perjuangan pelajar NU yang berperan mensosialisasikan komitmen nilai-nilai keislaman, kebangsaan, keilmuan, kekaderan, keterpelajaran dalam upaya penggalian dan pembinaan kemampuan yang dimiliki sumber daya anggota, dengan tujuan senantiasa mengamalkan nilai�nilai keagamaan demi tegaknya ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Perilaku religius atau keagamaan merupakan proses pengembangan potensi diri yang berorientasi pada manusia seutuhnya dengan memperhatikan aspek tanggung jawab hubungan dengan manusia dan hubungan dengan Allah SWT sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, keshalehan individu yang diperlukan oleh diri, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut: 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran dari organisasi IPNU-IPPNU Ranting Desa Kedondong terkhusus kepada penanggulangan kenakalan remaja untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, persatuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan Ahlusunnah Waljama’ah agar tercipta generasi yang memiliki nilai luhur kedepannya. Adapun kegiatannya, seperti: pengajian kitab; marhabanan; pesantren ramadhan; PHBI; bersih-bersih masjid; berpartisipasi pada kegiatan di yayasan pendidikan sekitar. Organisasi menciptakan perkembangan terhadap karakter remaja yang rutin mengikuti kegiatan organisasi, sehingga pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi akan memiliki dampak yang melekat pada pemikiran, prinsip diri serta tindakan dalam diri anggotanya. Kata Kunci: Peran, Organisasi IPNU-IPPNU, Keagamaan Remaja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:51
Last Modified: 11 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item