UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMPN 2 PLERED KABUPATEN CIREBON

Iin Siti Hodijah, (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMPN 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101104_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101104_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101104_6_bab5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101104_7_dafpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Iin Siti Hodijah: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al�Quran Siswa kelas VIII SMPN 2 PLERED Kabupaten Cirebon Nim: 1808101104 Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat membaca Al- Qur’an dikalangan sebagian peserta didik muslim saat ini mulai berkurang seperti di lembaga pendidikan sekolah formal saat ini sangatlah rendah terkhusus sekolah yang tidak berbasis keislaman. Seperti di lingkungan SMPN 2 Plered saat ini mulai menurun bahkan bisa dikatakan pasif. Kurangnya minat membaca Al�Qur’an ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Berbagai upaya dilakukan oleh guru untuk kepentingan hal tersebut berhasil atau tidaknya upaya tersebut sangatlah bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Plered (2) Metode apa yang di gunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Plered (3) Apa saja faktor pendukung dan penghabat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Plered. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Plered serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Berdasarkan pengalaman dilapangan, yang merupakan salah satu problem pelaksanaan pendidikan agama Islam di tingkat sekolah menengah pertama khususnya di SMPN 2 Plered adalah adanya peserta didik yang belum mampu membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar, bahkan ada sebagian dari mereka masih belum hafal huruf Hijaiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik yang digunakan yaitu observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMPN 2 Plered . 65% siswa sudah mampu dan lancar sesuai ilmu tajwid melalui program tadarus, BTQ, tadarus bersama wali kelas dengan menggunakan metode iqra‟ dengan mengelompokkan siswa sesuai tingkat bacaanya, metode ceramah dan hafalan. Sedangkan faktor pendukung walikelas yang membantu dalam mendidik dan membimbing membaca Al-Qur’an serta perhatian dan minat siswa dalam mempelajari membaca Al-Qur’an dan faktor orang tua yang mendidik anaknya untuk mengaji di rumah atau di TPA. Faktor penghambat yaitu faktor dari siswa itu sendiri, wali kelas yang kurang perhatian dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Membaca Al-Qur’an

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:57
Last Modified: 11 Jul 2023 02:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item