IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 PLERED KABUPATEN CIREBON

EVANI HANDAYANI, (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101013_1_cover.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101013_2_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101013_6_bab5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101013_7_dafpus.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Evani Handayani : Implementasi Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak bervariasnya metode atau model pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran monoton membuat anak-anak merasa bosan atau anak-anak menjadi pasif. Sehingga ini mengakibatkan kemampuan terhadapan pemahaman siswa masih rendah. Quick On The Draw merupakan jenis pembelajaran kooperatif, yang menginginkan agar peserta didik bekerja sama secara kooperatif pada kelompok�kelompok kecil dengan tujuan untuk menjadi kelompok pertama yang menyelesaikan satu set pertanyaan. Hasil belajar merupakan hal penting yang akan di jadikan sebagai tolak ukur sejauh mana keberhasilan seorang siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plered, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Plered. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa data penggunaan model kooperatif tipe Quick On The Draw pengaruhnya terhadap hasil belajar dapat menggunakan rumus kolerasi product moment. Hasil dari Koefesien Determinasi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Plered sebesar 55,3536% sedangkan sisanya yaitu 44, 6464% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata 91 hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa setelah diberikan perlakuan (postest) lebih tinggi daripada hasil belajar sebelum diberikan perlakukan (pretes) dengan rata-rata 35,83. Diketahui bahwa r hitung sebesar 0,744, nilai ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara impelentasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dengan hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Plered. Nilai r hitung sebesar 0,744 ini berada pada rentang antara 0,070 – 0,90 artinya antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang tinggi atau kuat. .Diketahui bahwa t hitung (7,041) > t tabel (2,021), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, sedangkan Ho ditolak. Kata Kunci : Model Kooperatif, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:32
Last Modified: 11 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item