PERAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERHADAP GURU PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUMBER

GHINA RAHMAH MAULIDA, (2023) PERAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERHADAP GURU PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUMBER. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101013_1_cover.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101013_2_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101013_6_bab5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101013_7_dafpus.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

GHINA RAHMAHH MAULIDA NIM. 1908101151 PERAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERHADAP GURU PADA SISWA SMA NEGERI 1 SUMBER Skripsi ini membahas tentang peran ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam pembentukan akhlak terhadap guru pada siswa SMA Negeri 1 Sumber. Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat banyaknya siswa yang belum siap melakukan proses pembelajaran. Siswa masih belum taat sepenuhnya terhadap guru, karena terdapat beberapa siswa yang taat hanya kepada guru yang mengajar dirinya saja. Selain itu, masih terdapat beberapa siswa yang ketika bertemu guru saat di jalan ternyata masih enggan untuk mengucapkan salam atau bersalaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman keilmuan tentang pengetahuan keagamaan, tentunya terhadap kesadaran siswa dalam mengaplikasikan dan mengamalkan akhlakul karimah khususnya akhlak terhadap guru yang tidak terlepas dari peran ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dan guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan akhlak terhadap guru pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sumber. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang terdapat dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, serta dirancang secara khusus agar menyesuaikan minat dan bakat siswa. Rohani Islam (ROHIS) adalah roh yang selalu tunduk terhadap Allah SWT dan rasul-Nya. Akhlak adalah suatu cara pergaulan seorang hamba dengan Allah sebagai Khaliknya, dan bagaimana seorang hamba bergaul dengan sesama manusia lainnya. Penyusun menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan beberapa langkah yakni reduksi data (data reducation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (drawing/verification). Teknik keabsahan data yang diburuhkan dalam penelitian ini yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam pembentukan akhlak terhadap guru pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sumber menunjukkan cukup baik. Faktor pendukungnya terdapat pada peran kepala sekolah dan guru dalam menyadarkan iman dan takwa. Sedangkan, faktor penghambatnya terdapat pada kurangnya motivasi belajar siswa khususnya dalam belajar akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan salah memilih teman bergaul. Kata Kunci: Peran Rohani Islam, Akhlak Terhadap Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:35
Last Modified: 11 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11368

Actions (login required)

View Item View Item