MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 1 CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

TATA RUDIHARNATA, (2022) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 1 CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S2- Magister Menajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TATA RUDIHARNATA, Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Tesis, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2022. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis penerapan manajemen ekstrakurikuler Pramuka, (2) menganalisis bentuk-bentuk kegiatan pembinaan karakter disiplin siswa melelui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, (3) menemukan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, dan (4) menemukan upaya untuk mengatasi permasalahan kegiatan Pramuka dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek, Pembina Pramuka putra dan putri, pengurus Pramuka dan siswa atau anggota ekstrakurikuler Pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan manajemen kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dimulai dengan tahapan perencanaan program kerja, pengorganisasian, pelaksanaan program, dan tahap pengawasan terhadap kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, sangat menekankan pembinaan karakter disiplin siswa, (2) bentuk-bentuk kegiatan pembinaan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka melalui kegiatan latihan rutin, baris-berbaris, perkemahan, dan pengujian SKU Bantara, (3) faktor pendukung peningkatan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, yaitu adanya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, adanya dukungan dari keluarga, pihak sekolah, dan adanya kompetensi yang dimiliki pembina dan pengurus. Sementara faktor penghambatnya yaitu pendanaan ekstrakurikuler Pramuka, dan kurangnya partisipasi dari anggota ekstrakurikuler Pramuka, dan (4) Upaya untuk menyelesaikan permasalahan kegiatan Pramuka dalam meningkatkan karakter disiplin siswa dilakukan dengan cara koordinasi antara Pembina Pramuka, wakasek kesiswaan dan kepala sekolah, kerja sama dengan komite sekolah, dan memberikan motivasi serta dukungan kepada putra�putrinya untuk mengikuti kegiatan esktrakurikuler Pramuka. Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Pramuka, Karakter Disiplin Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:44
Last Modified: 20 Jul 2023 04:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11470

Actions (login required)

View Item View Item