MANAJEMEN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI GURU DI PONDOK PESANTREN AL-MUQODDAS SUMBER

M Ridho Fawaris Firdaus, (2023) MANAJEMEN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI GURU DI PONDOK PESANTREN AL-MUQODDAS SUMBER. Bachelor thesis, S2- Magister Menajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Pada masa kini media audiovisual sudah menyebar ke berbagai penjuru platform kehidupan. kehadirannya dalam setiap aspek kehidupan manusia masa kini telah menjadi buktinya. Pemanfaatan media audiovisual seharusnya menjadi prioritas oleh kalangan civitas akademika untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar, dengan menjadikan media audiovusual sebagai nujung tombak penggunaan media dalam beragam aspek. sayangnya yang ditemukan di Pondok Pesantren Al-Muqoddas adalah suatu realita bahwa, penggunaan media audiovisual belum dilakukan secara maksimal, sehingga tidak efektifnya proses supervisi akademik yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini memiliki dasar tujuan berupa: (1) Mendeskripsikan penggunaan media audiovisual dalam proses supervisi akademik terhadap kompetensi guru di pondok pesantren al-muqoddas sumber. (2) Menjelaskan manajemen penggunaan media audiovisual dalam supervisi akademik terhadap kompetensi guru di pondok pesantren al-muqoddas sumber. (3) Menggambarkan Faktor-Faktor Pendukung dalam penyampaian materi menggunakan media audiovisual dalam supervisi akademik di Pondok Pesantren Al-Muqoddas Sumber. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. penentuan informan dilakukan secara purposive sehingga diambil 10 orang siswa tetap. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, observasi, eksperimen dan Perbincangan. Hasil dari penelitian adalah (1) proses supervisi akademik terhadap kompetensi guru di Pondok Pesantren Al-Muqoddas memiliki efektifitas dalam meningkatkan kompetensi guru, hal tersebut di buktikan dengan adanya peningkatan kompetensi mayoritas guru yang mengalami sifat indisipliner sebelumnya. (2) Dalam pengembangan dari penggunanan media di sekolah diperlukan adanya ketelitian seleksi materi perangkai media yang akan digunakan. Para staff perlu memperhatikan kembali unsur-unsur yang harus dicapai serta karakteristik media yang harus dipenuhi. (3) Tetapi, penggunaaan media tidak menjadi faktor mutlak dan terdapat indikator lain yang dapat mempengaruhi peningkatan kompetensi guru, adapun indikator lain yang berpengaruh diantaranya adalah pemateri (guru), materi (bahan ajar) dan kondisi audiens (Murid)

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:59
Last Modified: 20 Jul 2023 07:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item