GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI PERSUASIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH

MOHAMMAD ZAKI ZAMZAMI, (2022) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI PERSUASIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH. Bachelor thesis, S2- Magister Menajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Mohammad Zaki Zamzami 18086010057, Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Mutu Sekolah (Studi Kasus di SMK Caruban Nagari Cirebon). Sekolah sebagai suatu organisasi pendidikan yang telah dirancang untuk memberikan sumbangan atau kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia, maka perlu untuk ditata, diatur, dikelola dan diperdayagunakan dengan baik. Penataan, pengaturan, pengelolaan dan pemberdayaan sebuah sekolah sangat berkaitan erat dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Keberhasilan dalam mencapai visi, misi dan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kinerja manajemen kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam sebuah lembaga pendidikan dipadukan dengan komunikasi persuasif dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan. Beberapa tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengamati gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah SMK Caruban Nagari Cirebon. 2) Untuk memahami komunikasi persuasif kepala sekolah SMK Caruban Nagari Cirebon. 3) Untuk menggambarkan peningkatan budaya mutu sekolah melalui gaya kepemimpinan transformasional dan komunikasi persuasif kepala sekolah SMK Caruban Nagari Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan analisis data dilakukan reduksi data untuk penyajian data dan pengungkit data dengan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pertama, penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah mampu dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan walaupun dengan segala keterbatasan yang ada. Kedua, komunikasi persuasif kepala sekolah sangat memahami model komunikasi yang efektif untuk terciptanya lingkungan kerja yang saling mendukung antar satu dengan yang lainnya untuk bersama membenahi sekolah bersama. Ketiga, peningkatan budaya mutu sekolah melalui gaya kepemimpinan transformasional dan komunikasi persuasif kepala sekolah terbentuk dalam perumusan visi, perumusan misi, melihat profil sekolah, analisis internal maupun eksternal, perumusan/penentuan program disosialisasikan ke semua warga sekolah untuk mempertahankan lembaga yang ada agar selalu diminati oleh masyarakat dan dapat bersaing di dunia pendidikan serta mampu mewujudkan tujuan pendidikan dengan baik. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Persuasif, Budaya Mutu Sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:02
Last Modified: 20 Jul 2023 08:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item