MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN MAJALENGKA

NADA NABILAH AZ-ZAHRA, (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S2- Magister Menajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. Tesis_Nada Nabilah A_ MPI (COVER-PEDOMAN LITERASI).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Tesis_Nada Nabilah A_ MPI (BAB 1).pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Tesis_Nada Nabilah A_ MPI (BAB 5).pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Tesis_Nada Nabilah A_ MPI (Daftar Pustaka).pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

NADA NABILAH AZ-ZAHRA (20086010021): Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Majalengka Penelitian ini untuk mengetahui manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi covid-19. Pada masa pandemi covid-19 di satuan pendidikan mengalami perubahan yang signifikan dengan adanya peraturan pemerintah tentang system pembelajaran selama pandemi. Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Majalengka dapat mendukung program pemerintah dengan adanya perubahan manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah Menganalisis manajemen pembelajaran Pendidikan agama Islam selama pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Majalengka. Menganalisis tantangan manajemen pembelajaran Pendidikan agama Islam selama pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Majalengka dan Menganalisis strategi mengatasi tantangan manajemen pembelajaran Pendidikan agama Islam selama pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dihasilkan dari pemaparan informan yang dilakukan dengan wawancara bukan berupa angka-angka. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan seluruh data, mereduksi data sampai pada penarikan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Berdasarkan penelitian ini yaitu: 1. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid-19, a) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan mengikuti kebijakan dari surat edaran kemendikbud yaitu mengenai pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19 yang kemudian ditindak lanjuti oleh manajemen sekolah dengan mengadakan persiapan perangkat pembelajaran yang disesuaikan. b) Pengorganisasian pembelajaran dilakukan berdasarkan tugas dari kepala sekolah dan fungsi masing-masing personil sekolah. c) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan mengikuti perangkat pembelajaran selama pandemi covid-19. d) Pengawasan pembelajaran dilakukan melalui sistem daring selama pandemi covid-19.2. Tantangan selama pembelajaran diantaranya rendahnya motivasi belajar peserta didik, pemahaman materi, jaringan internet, penguasaan teknologi dalam media pembelajaran. 3. Strategi untuk mengatasi tantangan yaitu memotivasi peserta didik dan memberikan materi tambahan, sekolah mengatasi permasalahan dalam jaringan internet dan bantuan kuota. melaksanakan pelatihan untuk menguasai media pemebelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:05
Last Modified: 20 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item