MUSHOFA, (2022) RELEVANSI KANDUNGAN KITAB TA’LIM MUTAALIM DENGAN ISU – ISU PENDIDIKAN KONTEMPORER. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Mushofa. 2022. Relevansi Kandungan Kitab Ta’lim Muta’alim dengan isu-isu Pendidikan Kontemporer. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia saat ini yang memunculkan tantangan besar bagi lembaga pendidikan.. Salah satu karakteristik dari konsep pendidikan kontemporer adalah posisi peserta didik sebagai subjek pendidikan (student centered), Kenyataan yang ada di lembaga pendidikan masih banyak dijumpai lembaga pendidikan yang menempatkan peserta didik sebagai objek pendidikan dan guru sebagai pemegang otoritas tertinggi atau sebagai obyek pengetahuan. Hal ini berpengaruh kepada lemahnya peran dan etika peserta didik dalam proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman, apakah kandungan nilai-nilai adab dalam pendidikan dalam kitab Ta’limul Muta’alim masih dipandang relevan atau sudah mengalami pergeseran terutama dalam dunia pendidikan kontemporer. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripkan tentang kandungan kitab Ta’lim Muta’alim pada Isu-isu pendidikan kontemporer saat ini, dan relevansi kandungan kitab Ta’lim Mutaalim dengan isu-isu krusial pendidikan kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dengan cara menggali bahan-bahan pustaka yang koheren dan relevan dengan objek pembahasan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif. Analisisnya menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Relevansi Kandungan kitab Ta’lim Mutaálim dengan isu – isu Pendidikan kontemporer mengisyaratkan pentingnya selektif dalam memilih ilmu, guru dan teman, menjalankan kesungguhan dan semangat belajar, menghormati guru (mengangungkan ilmu dan Ulama), menghayati (metode belajar),dan mengamalkan (tawakkal dan wara` saat belajar). Pendidikan karakter lainnya merupakan sebuah pendekatan nilai. Az-Zarnuji juga telah lama mengisyaratkan pentingnya merdeka belajar dengan bersungguh�sungguh untuk menggapai cita-cita yang ingin dicapai Kata kunci : Ta’lim Muta’alim, Isu Pendidikan, dan ontemporer
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11524 |
Actions (login required)
View Item |