HASANUDIN, (2022) APLIKASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (741kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai media untuk menyiapkan dan membentuk kehidupan sosial, sehingga akan menjadi basis institusi pendidikan yang sarat akan nilai-nilai idealisme. Dalam skala nasional Indonesia, pada bagian prinsip penyelenggaraan pendidikan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional (Sikdiknas) juga menyatakan bahwa pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia,nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.Menjadi suatu keniscayaan jika bangsa Indnesia sebagai Negara yang Berbhineka merawat dan mengedepankan sikap prularitas agar tercipta keutuhan dan kerukunan antar umat beragama. Berangkat dari hal tersebut maka penulis perlu meneliti lebih mendalam khususnya lembaga pendidikan, yang dalam hal ini salah satunya adalah SMA Negeri 1 Cigugur sebagai pihak yang memiliki langkah strategis dalam mengejawantahkan nilai-nilai prularias tersebut bagi bangsa ini. Tujuan peneitian ini adalah Pertama mendeskripsikan kondisi dan aplikasi nilai-nilai toleransi dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cigugur Kabupaten Kuningan. Kedua untuk mengetahui Implementasi atau metode pembelajaran agama khusunya Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi terhadap siswa-siswi SMA Negei 1 Cigugur. Ketiga untuk mengetahui dan mendeskrisipkan pendekatan yang digunakan oleh guru PAI dalam mengajarka nilai-nilai toleransi kepada siswa-siswi di SMA Negeri 1 Cigugur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data, peyajian data lalu penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa (1) Di sekolah SMAN 1 Cigugur nilai-nilai toleransi ditanamkan kepada siswa diantaranya dengan cara guru PAI memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada siswa mengenai peningnya toleransi, guru PAI juga bekerjasama dengan guru-guru lainnya khususnya guru BK untuk selalu mengingatkan siswa-siswinya betapa pentingnya sikap toleransi. Siswa-siswi SMAN 1 Cigugur yang beragama non-muslim diberikan kebebasan untuk keluar kelas ketika pembelajaran PAI sedang berlangsug. Mereka diberikan kebebasan memilih ikut atau tidaknya. Di SMAN 1 Cigugur untuk memenuhi pengetahuan dan memperkuat keyakinan siswa non muslim. (2) Di SMAN 1 Cigugur metode pembelajaran yang digunakan khususnya oleh guru PAI masih berkutat pada metode ceramah dan diskusi, belum terlihat adanya metode khusus untuk mengembangkan pendidikan multikultural pada siswa. Kebijakan sekolah dan peraturan yang dibangun khususnya dalam kurikulum merdeka di sekolah ini terus berusaha mendorong penanaman nilai�nilai multicultural melalui kegiatan projek dengan memperhatikan dua hal, yakni keterampilan (skill) dan sikap seperti gotongroyong, toleransi, dan tolong menolong. Kata Kunci : Nilai-Nlai Toleransi, Penddikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11526 |
Actions (login required)
View Item |