KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA ZAKIAH DARADJAT

NURUL AISAH, (2022) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA ZAKIAH DARADJAT. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Nurul Aisah:“Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Psikologi Agama Zakiah Daradjat” Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam membangun dan mencetak manusia seutuhnya (insanl kamil). Sampai saat ini pendidikan masih diyakini sebagai media yang mampu membentuk sumberdaya manusia yang beradab dan berkualitas. Keluarga sebagai lembaga fondasi utama pendidikan bagi anak, memiliki peran yang cukup besar dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Yang berfungsi penting dalam membentuk kepribadian, sosial, sikap keagamaan anak. Kesalahan interaksi dalam keluarga dan kurang optimalnya anggota keluarga dalam melaksanakan peran dan fungsitersebutdapat menimbulkan berbagai permasalahan dalam keluarga. Anak adalah aset terpenting dalam suatu keluarga, bahkan agama dan bangsa Indonesia. Zakiah Daradjat adalah diantara sosok perempuan pemikir pendidikan Islam yang memberikan perhatian utama pada pendidikan anak. Selain itu, beliau juga konsen dalam bidang psikologi agama. Sehingga tak heran jika karya-karyanya didominasi oleh karya-karya yang berkaitan dengan pendidikan islam dan psikologi agama. Beberapa karya beliau diantaranya yakni berjudul Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Ketenangan dan Kebahagiaan dalam Keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan anak dalam keluarga perspektif psikologi agama Zakiah Daradjat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan anak dalam keluarga perspektif psikologi agama Zakiah Daradjat berpangkal pada pemahamannya terhadap konsep manusia. Pendidikan anak hendaknya melihat manusia secara utuh dari semua dimensi yang membentuk manusia, yaitu fisik, akal, agama, akhlak, kejiwaan, rasa keindahan dan sosial kemasyarakatan. Zakiah Daradjat menyebutkan tahapan pendidikan anak dalam keluarga terbagi menjadi 2 tahapan besar, yakni tahapan persiapan (pemilihan jodoh, akad nikah) dan tahapan mendidik anak secara aktif (periode prenatal, usia 0-5 tahun dan usia 6-12 tahun). Di sampingitu, kebutuhan pendidikan anak dalam keluarga juga meliputi 2 aspek/dimensi besar yakni fisik-jasmaniah dan mental-ruhaniah (psiko-sosial). Kata kunci : Pendidikan Anak, Psikologi Agama, Zakiah Daradjat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:12
Last Modified: 21 Jul 2023 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item