ARIEF HIDAYAT, (2022) PENDIDIKAN KELUARGA PADA REMAJA DI ERA TEKNONOLOGI DIGITAL DI DESA PRAJAWINANGUN WETAN CIREBON. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Arief Hidayat. 2022. Pendidikan Keluarga pada Remaja Di Desa Prajawinangun Wetan Cirebon. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menjelaskan orientasi pendidikan keluarga pada remaja di era teknologi Digital di Desa Prajawinangun Wetan Cirebon; (2) Untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi implikasi dari pergeseran orientasi pendidikan keluarga terhadap sosial keagamaan di Desa Prajawinangun Wetan Cirebon; (3) Untuk menemukan dan menjelaskan upaya keluarga dan pemerintah dalam merespon dari pergeseran orientasi pendidikan serta implikasinya terhadap sosial keagamaan di Desa Prajawinangun Wetan Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologis dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi serta angket. Analisis data pada peneltian ini menekankan pada penggunaan smartphone dan implikasi serta langkah preventif yang dilakukan orang tua di kalangan remaja yang memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap niali moral. Hasil penelitian mengungkap bahwa penggunaan teknologi digital pada remaja di Desa Prajawinangun Wetan Cirebon lebih banyak digunakan untuk bermain media sosial sebesar 60%. Sedangkan dalam durasi waktu penggunaan, sebanyak 80% siswa menggunakan teknologi digital antara 2-4 jam. Dan alasan penggunaannya disaat belajar, sebanyak 40% menganggap teknologi informasi sebagai kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan meskipun sedang dalam kondisi belajar. Penggunaan teknologi teknologi yang dominan berdampak pada perilaku sosial mereka. Mereka lebih sering bermain media sosial dari pada berinteraksi langsung dengan teman yang lain. Sehingga komunikasi tradisional yang biasa dipakai tergantikan dengan komunikasi virtual dengan pemanfaatan media sosial atau vitur lainnya yang ada dalam teknologi informasi tersebut. Perilaku sosial keagamaan yang dimunculkan oleh penggunaan teknologi digital berimplikasi pada interaksi sosial dan ibadah. Sebagaian besar remaja terbantu oleh penggunaan teknologi sebagai alat komunikasi dan media belajar. Akan tetapi, dalam dimensi keagamaan, menunjukkan hal sebaliknya. Melihat fenomena yang terjadi, pihak Pemerintah Desa dan DKM Masjid Al-Hidayah mencoba menawarkan alternatif dalam bentuk aktivitas yang mendorong ke hal yang lebih positif dengan belajar agama pada malam hari dan mengaktifkan kegiatan keolaragaan. Kata kunci: Pendidikan, Keluarga, Remaja, Era Digital
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11540 |
Actions (login required)
View Item |