PENGARUH PEMBIAYAAN DAN FINANCIAL BEHAVIOUR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG (STUDI PADA PASAR CELANCANG DESA PURWAWINANGUN)

BAYU INDRAWAN, (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN DAN FINANCIAL BEHAVIOUR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG (STUDI PADA PASAR CELANCANG DESA PURWAWINANGUN). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205093_2_bab1.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205093_6_bab5.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205093_7_dafpus.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

BAYU INDRAWAN. NIM : 1908205093, “PENGARUH PEMBIAYAAN DAN DAN FINANCIAL BEHAVIOUR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG (STUDI PADA PASAR CELANCANG DESA PURWAWINANGUN)” Berbagai permasalahan yang terjadi pada UMKM terdampak pandemi cukup dirasakan oleh para pelaku usaha tersebut. Hal ini tentu saja berakibat pada penurunan keuntungan secara signifikan dikarenanakan tingkat produktivitas yang rendah. Secara garis besar masalah yang dihadapi oleh UMKM meliputi masalah non keuangan dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor�faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha pedagang yang dimana faktor�faktor tersebut diantaranya pengaruh pembiayaan dan financial behaviour. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui survei yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sampel dari populasi dengan menggunakan angket atau kuesioner sebagai alat ukur data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pedagang yang ada pada Pasar Celancang yaitu sebanyak 181 pedagang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 pedagang dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya analisis persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan uji asumsi klasik dengan bantuan pengolahan data menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembiayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha sebesar 23,2%. (2) financial behaviour berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha sebesar 27,6%. (3) pembiayaan dan financial behaviour secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha sebesar 50,8% dan sisanya 49,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Pembiyaan,Financial Behaviour dan Perkembangan Usa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:15
Last Modified: 18 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11572

Actions (login required)

View Item View Item