PENGARUH PENGENDALIAN MANAJEMEN, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI DESA, DAN PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PERENCANAAN BIAYA DESA (APBDESA) DI DESA KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN

ADE YULIANTI, (2023) PENGARUH PENGENDALIAN MANAJEMEN, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI DESA, DAN PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PERENCANAAN BIAYA DESA (APBDESA) DI DESA KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205121_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205121_2_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205121_6_bab5.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205121_7_dafpus.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ADE YULIANTI. NIM: 1908205121, “Pengaruh Pengendalian Manajemen, Penerapan Sistem Akuntansi Desa, dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Anggaran Perencanaan Biaya Desa (APBDESA) di Desa Kadugede Kabupaten Kuningan”, 2023. Desa merupakan bagian penting dari pemerintahan Indonesia. Desa diberikan wewenang oleh pemerintahan pusat untuk dapat mengelola wilayahnya sendiri. Dalam hal pengelolaan tentu diperlukan penganggaran yang baik, pencatatan penganggaran terangkum dalam anggaran perencanaan biaya desa (APBDESA). Dibutuhkan pengelolaan yang baik atas anggaran perencanaan biaya desa (APBDESA) agar visi dan misi desa dapat tercapai. Oleh karenanya aparat pemerintah desa diharapkan mampu untuk mengoptimalkan proses pengelolaan APBDESA dengan memperhatikan faktor-faktor seperti pengendalian manajemen, penerapan sistem akuntansi desa, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh lapisan yang terlibat dalam proses pengelolaan anggaran perencanaan biaya desa (APBDESA) yaitu sebanyak 62 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 62 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 25. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengendalian manajemen, penerapan sistem akuntansi desa, dan pengawasan terhadap efektivitas Pengelolaan Anggaran Perencanaan Biaya Desa (APBDESA) di Desa Kadugede. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengendalian manajemen, penerapan sistem akuntansi desa, dan pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan APBDESA. Dengan kata lain, semakin baik dan optimal pelaksanaan pengendalian manajemen, penerapan sistem akuntansi desa, dan pengawasan, maka akan semakin baik dan efektif pula pengelolaan Anggaran Perencanaan Biaya Desa (APBDESA) yang ada di Desa Kadugede Kabupaten Kuningan. Kata Kunci: Pengendalian Manajemen, Sistem Akuntansi Desa, Pengawasan, Efektivitas Pengelolaan Anggaran Perencanaan Biaya Desa (APBDESA)

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:38
Last Modified: 18 Aug 2023 03:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item