PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SEKTOR KULINER (STUDI KASUS UMKM DI DESA BATTEMBAT KABUPATEN CIREBON)

FAUZIAH SAPHIRA, (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SEKTOR KULINER (STUDI KASUS UMKM DI DESA BATTEMBAT KABUPATEN CIREBON). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204017_1_cover.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204017_2_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204017_6_bab5.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204017_7_dafpus.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Fauziah Saphira. NIM : 1908204017, "PENGARUH LITERASI DIGITAL, LITERASI KEUANGAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SEKTOR KULINER (STUDI KASUS UMKM DI DESA BATTEMBAT KABUPATEN CIREBON)”, 2023 Usaha-usaha kecil memiliki kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi di suatu negara. UMKM makanan dan minuman memiliki keunggulan bersaing, hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk makanan dan minuman yang terjual di berbagai kota. Berkembangnya UMKM di Desa Battembat ditandai dengan semakin banyaknya usaha-usaha berkapasitas mikro, kecil hingga menengah. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih serta ditunjang oleh kreativitas dan inovasi dari pelaku UMKM. Fenomena saat ini menjelaskan bahwa UMKM merupakan sektor usaha yang layak untuk dikembangkan bagi mendukung perkembangan ekonomi secara makro dan mikro Indonesia. Data-data resmi telah membuktikan begitu besarnya peran UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap perilaku berwirausaha sektor kuliner pada UMKM di Desa Battembat, untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku berwirausaha sektor kuliner pada UMKM di Desa Battembat, untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap perilaku berwirausaha sektor kuliner pada UMKM di Desa Battembat, dan untuk mengetahui literasi digital, literasi keuangan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh simultan terhadap perilaku berwirausaha sektor kuliner pada UMKM di Desa Battembat Kabupaten Cirebon. Subjek Penelitian ini adalah Pelaku UMKM sektor kuliner Desa Battembat. Jumlah populasi dalam penelitian ini 75 responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden pelaku UMKM. Metode analisis data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dari penyebaran angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dengan spss versi 23. Hasil Penelitian menunjukan bahwa literasi digital, literasi keuangan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh simultan terhadap perilaku berwirausaha. Analisis data penelitian menunjukan hasil uji t diperoleh bahwa variabel literasi digital, literasi keuangan dan orientasi kewirausahaan secara parsial mempengaruhi variabel perilaku berwirausaha. Kata Kunci : Literasi Digital, Literasi Keuangan, Orientasi Kewirausahaan, Perilaku Berwirausaha

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:41
Last Modified: 10 Jan 2024 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item View Item