STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DRINKGO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Rumah BUMN Kota Cirebon)

RINANTI OKTAVIANI, (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DRINKGO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Rumah BUMN Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204143_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204143_2_bab1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204143_6_bab5.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204143_7_dafpus.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Rinanti Oktaviani. NIM:1908204143, “STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DRINKGO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA DIGITAL”, 2023. Usaha Rezeky Cake n Cookies adalah nama UMKM dari produk Drinkgo. Salah satu UMKM yang berkembang dibawah bimbingan Rumah BUMN Cirebon. pada tahun 2015 Rezeky Cake n Cookies memprodusi berbagai macam cake, roti dan jajanan pasar lainnya. Pada tahun 2017 mulai launching produk baru yaitu Drinkgo yang merupakan minuman dari bahan baku Mangga gedong dan nama Drinkgo diambil dari kata Drink Manggo. Pada awalnya produk Drinkgo hanya mampu dipasarkan pada wilayah cirebon namun memasuki tahun 2021 produk ini sudah dipasarkan pada wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Rumah BUMN di kota Cirebon, untuk mengetahui implementasi strategi penngembangan UMKM Drinkgo di era digital, serta untuk mengetahui analisis SWOT UMKM Drinkgo. Dan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam, observasi secara langsung, dan dokumentasi sebagai pendukung kegiatan penelitian. Hasil dari penelitian ini: Peran RBC terhadap Drinkgo yaitu untuk membantu UMKM Drinkgo semakin berkembang dan memiliki nama yang dapat dikenal oleh seluruh masyarakat lokal dan menjadikan Drinkgo dan UMKM lain menjadi UMKM yang berkualitas. strategi yang harus dilakukan oleh UMKM Drinkgo adalah strategi SO bersifat pertumbuhan bertahap. Strategi WO bersifat mempertahankan peran secara agresif. Strategi WT bersifat mencari peluang. Strategi ST bersifat diverifikasi secara luas ke berbagai kegiatan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:47
Last Modified: 10 Jan 2024 04:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item View Item