STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. HIJABEQULLA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI DESA TEGALGUBUG

GIANNOVA KIRANA SAFITRI, (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. HIJABEQULLA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI DESA TEGALGUBUG. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204095_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204095_2_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204095_6_bab5.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204095_7_dafpus.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Giannova Kirana Safitri. NIM 1908204095. “STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. HIJABEQULLA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI DESA TEGALGUBUG.” Persaingan bisnis yang semakin luas mengharuskan CV. Hijabequlla berinovasi lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Salah satu cara agar usahanya tetap berkembang CV. Hijabequlla memilih strategi pemasaran menggunakan Marketing Mix 9P yaitu Product, Price,Place,Promotion,People,Physical Evedience,process,Payment, dan Packaging. Selain Marketing Mix 9P, CV. Hijabequlla juga menerapkan 3 Strategi Pemasaran menurut Perspektif Ekonomi Syariah, yang terdiri dari 3 hal pokok ; pertama penerapan karakteristik pemasaran yang syariah ; Kedua penerapan etika bisnis syariah; ketiga, mencontoh praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad SAW yaitu Shiddiq (Jujur atau benar), Amanah (Dapat Dipercaya), Tabligh (Komunikatif), Fathonah (Cerdas). Strategi Pemasaran diatas diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan pada CV. Hijabequlla. Selain berinovasi dalam menerapkan strategi pemasaran, mengetahui prioritas masalah yang mempengaruhi volume penjualan juga sangat penting untuk keberlangsungan usaha CV. Hijabequlla. Tujuan penelitian ini adalah untuk bisa mengetahui faktor apa saja yang paling prioritas memberikan kontribusi dalam meningkatkan volume penjualan di CV. Hijabequlla dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan CV. Hijabequlla dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan Alat analisis Metode CARL. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan obsevasi secara langsung terhadap aktifitas pengelola CV. Hijabequlla, wawancara narasumber dan dokumentasi. Teknik analisis data data menggunakan miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil Analisis CARL urutan prioritas yang harus segera diselesaikan pada strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di CV. Hijabequlla adalah : (1) Lokasi Cv. Hijabequlla yang kurang strategis, (2) Barang yang tidak lolos Quality Control, sesekali tidak sengaja terkirim atau terjual pada konsumen, (3) Administrasi pencatatan stok barang di gudang dengan stok disistem seringkali tidak sinkron. Strategi Pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang diterapkan CV. Hijabequlla melalui bauran pemasaran 9P adalah Ketuhanan (Tauhid), akhlak, realistis, dan humanistis. Etika bisnis Islami yang diterpakan CV. Hijabequlla yaitu produk yang Halal dan sesuai dengan ketentuan syariat islam, produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berpotensi ekonomi dan menguntungkan, produk yang dapat memuaskan konsumen. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:52
Last Modified: 10 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item