KHAERIYAH NOOR, (2023) PENGARUH KONTEN VIDEO PROMOSI DAN PERAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Toko Bella di Media Sosial Tiktok Shop). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.
|
Text
1908204096_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908204096_2_bab1.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
1908204096_6_bab5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
1908204096_7_dafpus.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
KHAERIYAH NOOR. NIM 1908204096. “PENGARUH KONTEN VIDEO PROMOSI DAN PERAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Toko Bella di Media Sosial Tiktok Shop)” Berbisnis ataupun berdagang ialah kegiatan yang sangat direkomendasikan dalam ajaran Islam, hingga saat ini dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawah perubahan dan invoasi terbaru dalam perkembangan dunia bisnis. Tiktok Shop memberikan layanan yang hampir sama dengan berbagai jenis e-commerce dan marketplace yang ada, sejak 17 April 2021 secara resmi aplikasi Tiktok telah mengeluarkan fitur baru yang bernama Tiktok Shop, bisnis online di Indonesia pun semakin berkembang. Tiktok Shop lebih berfokus kepada konten-konten video yang harus di unggah supaya bisa di lihat oleh para calon konsumen, secara tidak langsung influencer juga berperan dalam memasarkan produk yang ada di tiktok karena para influencer yang aktif di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sekunder, populasi dalam penelitian ini diambil dari jumlah followers atau pengikut pada akun tiktok Bella Shop. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dari kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, hipotesis berupa uji t dan uji F yang diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS v.25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konten video promosi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada media sosial Tiktok Shop di toko Bella, hal ini dibuktikan dengan nilai sig untuk variabel konten video promosi adalah 0,044 < 0,05 dan nilai 2.041> 1,661 artinya signifikan. Signifikan disini berarti ditolak dan diterima. 2) Hasil hipotesis kedua yaitu mengenai peran influencer berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada media sosial Tiktok Shop di toko Bella, Nilai sig untuk variabel peran influencer adalah 0,000 < 0,05 dan nilai 12.950 > 1,661 artinya signifikan. Signifikan disini berarti ditolak dan diterima. 3) Berdasarkan data tabel koefisien uji F Mengenai variabel konten video promosi (X1),peran influencer (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai p-value (Sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 92,838 ≥ 3,090 artinya Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa konten video promosi dan peran influencer secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Konten video promosi, Influencer, Keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11621 |
Actions (login required)
View Item |