TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PENGUSAHA DI BIDANG PERIKANAN DALAM PEMBERDAYAAN KARYAWAN DI DESA GEBANGMEKAR

NURROKHIM AL FIRDAUS, (2023) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PENGUSAHA DI BIDANG PERIKANAN DALAM PEMBERDAYAAN KARYAWAN DI DESA GEBANGMEKAR. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img]
Preview
Text
1908203161_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203161_2_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203161_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203161_7_dafpus.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

NURROKHIM AL FIRDAUS. NIM: 1908203161. “TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PENGUSAHA DI BIDANG PERIKANAN DALAM PEMBERDAYAAN KARYAWAN DI DESA GEBANGMEKAR”, 2023 Dalam suatu bisnis harus dilandasi dengan etika dalam berbisnis, adapun salah satu bisnis yang ada yaitu bisnis pada bidang perikanan di Desa Gebangmekar, yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan dan pengusaha di bidang perikanan. Oleh karena itu, pemberdayaan karyawan oleh pengusaha harus dilakukan guna menjadikan karyawan menjadi lebih terberdaya atau lebih berkemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, dengan cara memberikan kepercayaan, kewenangan, serta mendelegasikan tugas sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan percaya diri. Selain melakukan upaya pemberdayaan karyawan, menerapkan prinsip etika dalam berbisnis dalam upaya pemberdayaan karyawan juga perlu dilakukan oleh pengusaha kepada karyawannya, agar karyawan memiliki sikap jujur, adil, dan percaya diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan pengusaha di bidang perikanan dalam memberdayakan karyawannya, serta untuk meninjau etika bisnis Islam dalam upaya pemberdayaan karyawan yang dilakukan oleh pengusaha di bidang perikanan di Desa Gebangmekar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana penulis dituntut untuk menjelaskan dan menggali seacara mendalam informasi baik melalui wawancara, observasi, ataupun dokumentasi sebagaimana yang terjadi di lapangan. Dari hasil pembahasan, upaya dalam tahapan pemberdayaan karyawan di Desa Gebangmekar, rata-rata pengusahanya telah melakukan pemberdayaan karyawan, walaupun ada beberapa yang ketika di wawancarai oleh penulis masih belum paham mengenai pemberdayaan karyawan. Dan penerapan prinsip etika dalam berbisnis sudah sesuai dengan upaya pemberdayaan karyawan pada bidang perikanan di Desa Gebangmekar. Kata kunci : Bisnis, Etika, dan Pemberdayaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:28
Last Modified: 21 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item