ANALISIS PEMBIAYAAN DAN STRATEGI PENANGGULANGAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH (STUDI KASUS BMT GUNUNGJATI KEDAWUNG)

REIZA INAENY, (2023) ANALISIS PEMBIAYAAN DAN STRATEGI PENANGGULANGAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH (STUDI KASUS BMT GUNUNGJATI KEDAWUNG). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img]
Preview
Text
1908203230_1_cover.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203230_2_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203230_6_bab5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203230_7_dafpus.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

REIZA INAENY. NIM. 1908203230, “Analisis Pembiayaan dan Strategi Penanggulangan Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah (Studi Kasus BMT Gunungjati Kedawung)”, 2023. BMT Gunungjati Kedawung memiliki banyak produk diantaranya murabahah, Mudharabah, wakalah, ijarah, qardhu hasan. Diantara salah satu produk yang ada di BMT Gunungjati Kedawung yang paling diminati oleh nasabah adalah produk murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembiayaan pada akad Murabahah di BMT Gunungjati Kedawung, untuk mengetahui bagaimana strategi penanggulangan pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di BMT Gunungjati Kedawung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapa yaitu : redukasi data, data display, dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan temuan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Gunungjati Kedawung dalam pelaksanaan pembiayaan yaitu : nasbaah mengajukan persaratan dalam bentuk lisan, bisa mendatangi ke CS BMT atau bisa melalui pihak marketing, nasabah menyerahkan adminitrasi / persyaratan ke BMT, kemudia pihak amrketing melakukan survey lapangan untuk mengeratkan silaturahmi dengan nasabah, setelah marketing melakukan survey, kemudian persyaratan yang sudah diserahkan akan diproses melaui rapat komite yang dihadiri oleh kepala kantor, marketing, setelah melakukan rapat komite, kemudian nasabah mnunggu keputusan apakah pengajuannya diterma atau tidak, jika disetujui akan membuatkan akad perjanjian, perhitungannya dan waktu pencairannya, namun apabila ditolak pihak BMT akan memberikan pernyataan berupa tidak bisanya permohonan untuk dicarikan melalui WA atas persetujuan kepala kantor, dan kemudian penciran dilakukan oleh teller atas persetujuan kepala kantor. Dan pihak BMT Gunungjati Kedawung dalam strategi penanggulangan pembiayaan bermasalah sudah sesuai prosedur yang ada dimana strategi tersebut menggunakan rescheduling, reconditioning, resctructuring, hapus buku, hapus tagih, jaminan / agunan dan memberikan surat peringatan (SP). Resctructuring dan reconditioning dilakukan secara bersamaan dengan rescheduling agar tidak terjadi cacat saat dalam penjadwalan ulang. Kata Kunci : Baitul Maal Wat Tamwil, Pembiayaan Murabahah Bermasalah, Strategi, Penanggulangan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:29
Last Modified: 21 Aug 2023 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item