IMPLEMENTASI PRINSIP PARTISIPASI PADA DINAS PEMBERDAYAN MASYARAKAT DAN DESA (DPMD) KABUPATEN KUNINGAN ( Studi Konsep Good Governance )

ENOK HIDAYATUL ULUMIYAH, (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP PARTISIPASI PADA DINAS PEMBERDAYAN MASYARAKAT DAN DESA (DPMD) KABUPATEN KUNINGAN ( Studi Konsep Good Governance ). Bachelor thesis, S1-Hukum Tatanegara Islam.

[img]
Preview
Text
1908206032_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908206032_2_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908206032_6_bab5.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908206032_7_dafpus.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ENOK HIDAYATUL ULUMIYAH. NIM: 1908206032 IMPLEMENTASI PRINSIP PARTISIPASI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DPMD) KABUPATEN KUNINGAN (STUDI KONSEP GOOD GOVERNANCE) Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan good governance yaitu bagaimana masyarakat mengambil bagian atau ikut serta dalam penyelenggaraan good governance itu sendiri. Dewasa ini banyak masyarakat yang sudah paham akan pentingnya perhatian masyarakat kepada para penyelenggara good governance yaitu pemerintah agar pelaksanaan pemberdayaan dan pembangunan yang solid dan bertanggung jawab dapat tercipta sesuai dengan prinsip demokrasi. Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan good governance bisa dilakukan dalam berbagai bentuk seperti partisipasi masyarakat dengan menggunakan hak nya dalam menyampaikan pendapat pada proses pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan masyarakat, baik secara langsung mauapun tidak langsung, atau bisa juga dalam pelaksanaan masyarakat bisa ikut serta menjalankan kebijakan yang telah dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan Good Governance di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan, Implementasi prinsip partisipasi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan, dan pelaksanaan prinsip partisipasi dari perspektif fiqh siyasah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan hukum normatif untuk mencari jawaban melalui penelitian hukum yang dilakukan menggunakan sumber sekunder dan primer seperti data dari perpustakaan umum, arsip instansi terkait. Dengan Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini: Pertama, Pelaksanaan good governance di DPMD Kabupaten Kuningan belum maksimal namun sudah cukup baik hal ini bisa kita lihat dari terlaksananya beberapa prinsip-prinsip good governance di DPMD Kabupaten Kuningan dan prestasi yang di capai oleh DPMD Kabupaten Kuningan. Kedua, Penerapan prinsip partisipasi di DPMD Kabupaten Kuningan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan konsep good governance dimana masyarakat Kabupaten Kuningan selalu terlibat dan antusias dalam setiap pelaksanaan program kegiatan di Desa masing-masing. Hanya saja belum tersedia ruang atau tempat khusus untuk parrtisipasi seperti Gedung serbaguna atau aula khusus partisipasi. Ketiga, pelaksanaan partisipasi di DPMD Kabupaten Kuningan sudah memenuhi prinsip-prinsip syur’a atau musyawarah yaitu persamaan, keadilan, dan kebebasan. Kata kunci: Good Governance, Prinsip Partisipasi, DPMD

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:41
Last Modified: 28 Aug 2023 03:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11688

Actions (login required)

View Item View Item