TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES KLAIM ASURANSI JIWA DAN PRAKTIK DANA HANGUS PADA PT.PRUDENTIALLIFE ASSURANCE AGENCY SATELIT KABUPATEN KUNINGAN

CINDY SRIWULAN SAFITRI, (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES KLAIM ASURANSI JIWA DAN PRAKTIK DANA HANGUS PADA PT.PRUDENTIALLIFE ASSURANCE AGENCY SATELIT KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekomomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908202100_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202100_2_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202100_6_bab5.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202100_7_dafpus.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

CINDY SRIWULAN SAFITRI, NIM: 1908202100, “TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES KLAIM ASURANSI JIWA DAN PRAKTIK DANA HANGUS PADA PT.PRUDENTIALLIFE ASSURANCE AGENCY SATELIT KABUPATEN KUNINGAN”, 2023. AsuransiSyariah(Ta’min,Takaful,Tadhamun) menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antarasejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’yangmemberikanpolapengembalianuntukmenghadapirisiko tertentu melaluiakad (perikatan) yangsesuai dengan syariah.Menurut peraturan yang tercantum pada UU No. 40 Tahun 2014 tentang perasuransian yang mana perusahaan perasuransian wajib memenuhi standar perilaku usaha yang mencakup ketentuan mengenai: Polis; Premi atau Kontribusi; Pemegang Polis,Tertanggung, atau Peserta; Penyelesaian klaim; Keahlian di bidang perasuransian. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah mengenai “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Proses Klaim Asuransi Jiwa Dan Praktik Dana Hangus Pada PT.PrudentialLife Assurance Agency Satelit Kabupaten Kuningan”. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mewajibkan peneliti terjun langsung ke dalam objek penelitian yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Menurut hukum Islam, proses pengajuan klaim pada PT.PrudentialLife Assurance Agency Satelit Kabupaten Kuningandapat diterima (tidak bertentangan) dengan hukum Islam karena Islam menghalalkan praktik atau tindakan yang dapat menguntungkan orang banyak, tetapi dana hangus nya tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam yaitu kejujuran. Apabila merujuk pada Fatwa Dewan Syariah Nasional NO: 21/DSN-MUI/2001 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah khususnya mengenai premi telah dijelaskan bahwa : “premi yang berasal dari akad mudharabah dan tabarru’ dapat diinvestasikan dan hasil investasinya dibagi-hasilkan kepada peserta.” Kata Kunci: Klaim Asuransi, Dana Hangus, Hukum Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:47
Last Modified: 29 Aug 2023 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item