EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM SIMKAH (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH) WEB/ONLINE SEBAGAI PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI PERKAWINAN (Studi Deskriptif Di KUA Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka)

DENI AHMAD NURUDIN, (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM SIMKAH (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH) WEB/ONLINE SEBAGAI PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI PERKAWINAN (Studi Deskriptif Di KUA Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga.

[img]
Preview
Text
1908201009_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201009_2_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201009_6_bab5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201009_7_dafpus.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

DENI AHMAD NURUDIN. NIM:1908201009. “EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM SIMKAH (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH) WEB/ONLINE SEBAGAI PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI PERKAWINAN (Studi Deskriptif Di KUA Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka)”, 2023. Penelitian ini berusaha fokus pada penerapan program aplikasi Sistem informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) web/online sebagai pengembangan mutu pelayanan administrasi perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Tujuannya apakah Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) web/online dapat membantu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka dalam meningkatkan kualitas pelayanan adminitrasi perkawinan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan deskriptif, dimana peneliti berusaha mengungkap dan memahami kejadian kekinian dengan melakukan wawancara secara langsung serta mengambil data ke lapangan, di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat permasalahan pada penerapan program aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Takaga Kabupaten Majalengka yang perlu dibenahi, antara lain kurangnya masyarakat mengetahui pendaftaran nikah melalui aplikasi SIMKAH, belum didukung dengan saran dan prarasana yang terbaik, serta kurangnya SDM pegawai tentang pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Pelaksanaann pelayanan dalam memanfaatkan aplikasi SIMKAH khususnya di KUA Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka dapat dikatakan efektif, sangat bermanfaat untuk mempercepat pendaftaran nikah, dan mempermudah pencarian data nikah, namun masih ada aspek yang perlu dioptimalkan terutama sarana dan prasarana yang akan mendukung proses pelayanan, dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Hal ini tumbuh upaya peningkatan kualitas pelayanan administrasi perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Talaga adalah mengoptimalkan pemanfaatan media sosial sebagai tempat eksistensi dan informasi pendaftaran nikah, meningkatkan SDM di lingkungan KUA Kecamatan Talaga sebagai Operator SIMKAH, dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan bidang dan garapan KUA Kecamatan Talaga. Kata kunci : KUA, SIMKAH, Kualitas Pelayana

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:32
Last Modified: 29 Aug 2023 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item