UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KOTA CIREBON DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN PADA ANAK (Studi Kasus di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon)

Lilim Halimatusya’diah Suganda, (2023) UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KOTA CIREBON DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN PADA ANAK (Studi Kasus di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga.

[img]
Preview
Text
1908201004_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201004_2_bab1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201004_6_bab5.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201004_7_dafpus.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

LILIM HALIMATUSYA’DIAH SUGANDA. NIM: 1908201004, “UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KOTA CIREBON DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN PADA ANAK (Studi Kasus di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon)”, 2023. Kekerasan seksual menjadi masalah sosial yang cukup serius dan memprihatinkan. Salah satu tindak pidana ini tidak hanya dialami orang dewasa tetapi juga dapat dialami oleh anak-anak. Peristiwa ini bisa dikatakan masalah hukum yang sangat penting untuk dikaji, karena hal ini dapat berakibat pada korban yang mengalami trauma baik secara psikis maupun fisiknya. Angka kekerasan seksual terhadap anak bisa lebih besar contohnya di Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, namun banyak sekali korban yang tidak memiliki keberanian untuk melapor kepada lembaga perlindungan anak atau kepolisian. Penyebabnya adalah adanya ancaman yang didapatkan korban takut akan pandangan dari masyarakat terhadap dirinya sebagai orang yang sudah tercemar. Dan hal itu diindikasikan dengan kerugian dan mengancam kesehatan dan kesejahteraan anak. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “bagaimana upaya dan P2TP2A Kota Cirebon dalam melakukan perlindungan hukum terhadap korban kekerasan pada anak di Kec. Kesambi Kota Cirebon? Dan apa saja kendala yang dihadapi P2TP2A Kota Cirebon dalam perlindungan hukum terhadap korban kekerasan pada anak di Kec. Kesambi Kota Cirebon?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode dekriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Upaya Perlindungan hukum yang dilakukan P2TP2A Kota Cirebon terhadap korban kekerasan seksual pada anak di Kec. Kesambi Kota Cirebon adalah dilakukan proses pendampingan pada korban yang terdiri dari pendampingan yuridis atau pendampingan hukum, medis, dan psikologis. Pendampingan ini dilakukan oleh tim pendamping, serta memberikan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan korban. Namun, dalam perjalanan perlindungan hukum. Dan kendala yang dihadapi adalah budaya malu, serta minimnya pemahaman masyarakat dalam penanganan korban kekerasan seksual dan pemahaman tentang pentingnya perlindungan hak-hak anak. Kata kunci: Perlindungan Hukum, Korban Kekerasan Seksual, P2TP2A.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:41
Last Modified: 29 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11714

Actions (login required)

View Item View Item