TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT (Studi Kasus Di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka)

REZKA SAUMI WIDIYASWARA, (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT (Studi Kasus Di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga.

[img]
Preview
Text
1908201033_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201033_2_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201033_6_bab5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201033_7_dafpus.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

REZKA SAUMI WIDIYASWARA. NIM: 1908201033. TINJAUAN HUKUM TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT (Studi Kasus di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka), 2023. Orang tua tunggal atau single parent adalah proses pengasuhan anak yang hanya dilakukan salah satunya, ayah atau ibu. Seorang single parent mempunyai peran ganda dimana seorang ibu tunggal atau single mom akan mengasuh anaknya sekaligus mencari nafkah untuk menghidupi anaknya. Sebaliknya, seorang ayah tunggal atau single dad akan mengasuh anaknya sekaligus melakukan pekerjaan dalam rumah yang lazimnya dilakukan oleh seorang perempuan. Berbagai bentuk permasalahan yang dialami oleh anak yang diasuh oleh single parent akan mengalami berbagai bentuk perubahan kepribadiannya. Hal ini terjadi akibat kesibukan sebagai single parent untuk mencari nafkah dengan kemampuan sendiri. Maka sangat diperlukan pola pengasuhan yang tepat dalam mendidik anak dalam keluarga single parent. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui pola asuh anak dalam keluarga single parent di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Kedua, mengetahui kesesuaian pola asuh dalam keluarga single parent yang terjadi di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka dengan hukum Islam. Ketiga, mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh para single parent di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka untuk memenuhi hak-hak anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif atau data lapangan (field research), data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini: Pertama, pola pengasuhan yang paling banyak diterapkan oleh kesepuluh single parent di Desa Haurgeulis ada tiga tipe pola pengasuhan yaitu pola pengasuhan demokratis dimana anak diberi kebebasan untuk mengungkapkan pendapatnya, otoriter dimana anak tidak diberi kebebasan untuk mengungkapkan pendapatnya dan permisif memberikan kebebasan sepenuhnya terhadap anak. Kedua, ditinjau dari hukum Islam pola pengasuhan yang diterapkan tidak begitu menerapkan aturan-aturan yang diajarkan oleh agama Islam itu sendiri, sebab mereka hanya bertanggung jawab dalam hal nafkah saja sedangkan dari segi pendidikan dan kasih sayangnya belum terpenuhi serta cara mendidik kurang disiplin dan masih banyak anak dibawah umur yang sudah dipekerjakan dan menikah diusia dini. Ketiga, upaya�upaya yang dilakukan oleh para single parent di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka untuk memenuhi hak-hak anak adalah memberikan nafkah, memberikan pendidikan, memberikan nasihat, dan memberikan batasan pergaulan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:51
Last Modified: 29 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item