PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU AGRESI SISWA LAKI-LAKI KELAS V DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Shelly Rahmawati, (2023) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU AGRESI SISWA LAKI-LAKI KELAS V DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img]
Preview
Text
1908107098_1_cover.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107098_2_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107098_6_bab5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107098_7_dafpus.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah pada siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon yang sering melakukan perilaku agresi verbal maupun fisik dan tidak mampu mengontrol diri adapun perilaku agresi yang berbentuk fisik seperti memukul, menendang, melempar serta bentuk�bentuk lain yang dapat mengakibatkan sakit atau luka. Sedangkan bentuk agresi yang bersifat verbal seperti mencaci maki, berteriak-teriak, mengeluarkan kata-kata yang kasar dan bentuk-bentuk lain yang sifatnya verbal atau lisan. Penelitian ini bertujuan bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kontrol diri pada siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon. (2) untuk mendeskripsikan perilaku agresi siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon. (3) untuk mendeskripsikan penhharuh kontrol diri terhadap perilaku agresi siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon. Menurut Averill dalam Kusumadewi, (2012:42) ialah kontrol diri merupakan variabel psikologis yang mencakup kemampuan individu untuk memodivikasi prilaku, kemampuan individu dalam mengeleola informasi yang tidak penting atau penting dan kemampuan individu untuk memilih suatu tindakan yang diyakininya. Menurut Myers dalam Psikologi et al., (2021:3) Perilaku agresi adalah perilaku fisik maupun perilaku verbal yang dilakukan untuk melukai objek yang menjadi sasaran agresi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh karena mengambil seluruh siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi linear sederhana uji t dan uji hipotesis Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa kontrol diri siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon dengan menggunakan angket memperoleh prentase 67,7% dan termasuk ke dalam kategori kuat. Perilaku agresi siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon dengan menggunakan angket memperoleh presentase 26,8% dan termasuk kategori kurang kuat.Hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kontrol diri berpengaruh terhadap perilaku agresi siswa laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon Berdasarkan hasil uji non parametrik nilai Asymp.Sig < 0,05 dapat dilihat bahwa pada hasil uji wilcoxon memiliki Sig adalah 0,00. thitung > ttabel yaitu 4,295 > 0,163 Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis berbunyi ada Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Agresi Siswa Laki-laki kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:32
Last Modified: 13 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item