PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ‘ULUM KABUPATEN CIREBON

Dhika Luthfanie, (2023) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ‘ULUM KABUPATEN CIREBON. UNSPECIFIED thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109082_1_cover.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109082_2_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109082_6_bab5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109082_7_dafpus.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren mempunyai kultur khas yang berbeda dengan budaya sekitarnya, termasuk cara pengajarannya pun unik. Kelemahan pendidikan yang banyak dijumpai di pondok pesantren salah satunya ialah suasana pembelajaran yang pasif, penyebab dari hal tersebut ialah minimnya kreativitas pendidik pada peningkatan cara belajar yang cakap dan berujung pada kemampuan berpikir para peserta didik melemah. Selain itu dari segi proses pembelajaran di pondok pesantren ini masih klasikal dengan menggunakan kitab kuning dan bahasa arab, secara keseluruhan ustadz dan santri melaksanakan proses pembelajaran belum menggunakan teknlogi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran di pondok pesantren, meliputi perencaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta pengawasan pembelajaran. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejernih mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif atau naturalistik karena dilakukan secara alamiah. Dengan menggunakan metode kualitatif ini, realitas atau fenomena mengenai pengelolaan pembelajaran di pondok pesantren akan dipandang sebagai suatu hasil pemikiran yang dinamis dan penuh makna. Hasil dari penelitan menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran di pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum meliputi beberapa aspek, diantaranya adalah perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta pengawasan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik, walaupun belum dapat dikatakan sempurna.

[error in script]
Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:31
Last Modified: 13 Nov 2023 06:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item