PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT NURUL QOMAR KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON

Susi Susilawati, (2023) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT NURUL QOMAR KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON. Other thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109083_1_cover.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109083_2_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109083_6_bab5.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109083_7_dafpus.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi siswa yang putus sekolah formal agar tetap mendapatkan pendidikan adalah dengan menempuh pendidikan nonformal. Salah satu layanan pendidikan nonformal yaitu program kelompok belajar paket C yang setara dengan SMA/MA/SMK berfungsi untuk menuntaskan wajib belajar 12 tahun yang ditetapkan pemerintah bagi siapa saja yang terkendala dalam memasuki pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Manajemen Pendidikan Kelompok belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Nurul Qomar, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta 3) Solusi alternatif apa yang dapat mengatasi kendala dalam pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi di lokasi penelitian. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan analisis data dengan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Manajemen pendidikan direncanakan dengan menetapkan tujuan pembelajaran, tutor, jumlah warga belajar, bahan ajar, sarana prasarana serta penilaian belajar. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan berpedoman pada materi belajar, metode, media, waktu serta motivasi. Sedangkan pengawaasan dan evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh pihak PKBM, Kecamatan dan Kabupaten. 2) Faktor pendukung merupakan bentuk kerjasama antara pemimpin PKBM dengan para tutor, dan 3) Solusi dalam setiap kendala atau hambatan itu selalu ada

[error in script]
Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:29
Last Modified: 01 Sep 2023 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11790

Actions (login required)

View Item View Item