PENGARUH MANAJEMEN KOMPETENSI GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X DI SMAN 1 SUSUKAN CIREBON

Pipit Fitriyanti, (2023) PENGARUH MANAJEMEN KOMPETENSI GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X DI SMAN 1 SUSUKAN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109117_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109117_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109117_6_bab5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109117_7_dafpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di lapangan, kebanyakan guru masih kurang efektif dalam proses pembelajaran. Peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga potensi peserta didik kurang tergali secara optimal. Guru juga masih kurang dalam menilai dan mengevaluasi pembelajaran. Adanya ketimpangan guru, ketidak relevanan guru antara bidang studi yang dipelajari atau diambil saat di perkuliahan dengan materi yang diajarkan. Sehingga dalam penelitian ini peneliti berfokus pada kompetensi profesional, karena pada dasarnya kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan untuk mengetahui (1)seberapa baik manajemen kompetensi guru (2) memperoleh data tentang kualitas pembelajaran, dan (3) mendapatkan informasi pengaruh manajemen kompetensi guru terhadap kualitas pembelajaran siswa kelas X IPA 1 di SMAN 1 Susukan Cirebon. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, melalui teknik statistitika, rumus korelasi, menggunakan sampel sebanyak 36 orang siswa dan 16 orang guru yang mengajar di kelas X IPA 1 SMAN 1 Susukan Cirebon. Data diperoleh melalui instrument angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif dari hasil perhitungan diperoleh rhitung = -0.740 Sementara ttabel = 0.329. Gambaran kompetensi profesional guru di SMAN 1 Susukan Cirebon berada pada kategori kuat yakni 70%. dan hasil perhitungan kualitas pembelajaran siswa pada kategori sangat kuat yakni 87,8%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:19
Last Modified: 31 Aug 2023 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item View Item