KEEFEKTIFAN METODE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PIDATO PERSUASIF PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 1 ASTANAJAPURA

Suaebatul Aslamiyah, (2023) KEEFEKTIFAN METODE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PIDATO PERSUASIF PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 1 ASTANAJAPURA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110061_1_cover.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110061_2_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110061_6_bab5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110061_7_dafpus.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode jigsaw pada pembelajaran menyimak pidato pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1X F Astanajapura. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksprerimen. Metode penelitian data pada penelitian ini menggunakan tes tulis. Salah satu indikator yang harus ditempuh oleh siswa adalah bisa menyimak atau mendengarkan pidato. Namun saat ini banyak hal yang memengaruhi rendahnya minat siswa dalam menyimak pidato diantaranya karena media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dalam penyampaiannya sehingga membosankan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah inovasi baru berupa metode yang diterapkan dalam pembelajaran salah satunya yaitu menyimak pidato menggunakan metode jigsaw. Tipe metode Jigsaw adalah Salah satu model pembelajaran umum yang bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain. Siswa di jadikan kelompok kecil yang bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pengalaman belajar yang maksimal, baik pengalaman individu maupun kelompok. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi juga harus siap untuk memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi keefektifan pembelajaran menyimak pidato yang berjudul Jangan Buang Sampah Sembarangan dengan menggunakan metode jigsaw pada siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Astanajapura Berdasarkan perhitungan Uji statistik pada penelitian ini menggunakan rumus uji t dua sampel tidak berpasangan yang sering disebut dengan Independent Sample T-test. Hasil dari uji independen sample t test diperoleh nilai signifikan 0,004. Maka 0,004 < 0,05 (kurang dari) dengan itu maka Ha diterima dan Ho di tolak. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai uji –t hasil pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen itu efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan setelah mendapatkan perlakuan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:17
Last Modified: 31 Aug 2023 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item