KEEFEKTIFAN METODE KNOW WANT LEARNED (KWL) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-FALAH DEPOK CIREBON

Atika., (2023) KEEFEKTIFAN METODE KNOW WANT LEARNED (KWL) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-FALAH DEPOK CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110117_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110117_2_bab1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110117_6_bab5.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110117_7_dafpus.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang dicapai pada penelitian ini ialah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan metode KWL dalam keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP AL-FALAH Depok Cirebon. (2) Mendeskripsikan keeefektifan metode KWL terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP AL-FALAH Depok Cirebon. Berdasarkan pendekatannya, jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang diunakan dalam penelitian ini yaitu desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP AL-FALAH Depok Cirebon untuk menentukan ukuran sampel secara keseluruhan, peneliti menggunakan slovin dengan teknik sampling acak (random sampling technique). Metode yang diunakan untuk memperoleh data penelitian yang sesuai dengan permasalahan pada penelitian yaitu sebagai berikut. (1) metode pengamatan (2) metode dokumentasi (3) metode eksperimen. Tujuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu untuk membuktikan hipotesis. Keefektifan metode KWL dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi dapat diketahui dengan membandingkan perbedaan nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji-t post-test kelas kontrol dan eksperimen dengan perhitungan SPSS 25 diperoleh nilai t hitung sebesar dengan taraf signifikansi yang digunakan o,o5 atau 5%. Uji tersebut diperoleh hasil perhitungan sig 2-tailed sebesar 0,003 maka 0,003 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut terdapat perbedaan yang signifiksn setelah mendapatkan perlakuan. Maka, dapat dikatakan bahwa penggunaan metode KWL efektif diunakan terhadap pembelajaran yang berkaitan denan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP AL-FALAH Depok Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:20
Last Modified: 31 Aug 2023 07:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11814

Actions (login required)

View Item View Item